REDAKSIONAL: Pilgub Jabar Sebagai Warming Up Menuju 2018-2019

Penulis : Muhammad Azmi (Jurnalis Portal Jabar)

 

PESTA demokrasi untuk memilih orang nomor satu di Jawa Barat dalam beberapa pekan kedepan menjadi Goong dibukanya pertarungan besar politik seluruh kontestan (parpol) dalam merebut simpati seluruh konstituennya.

Menariknya Pilkada Jawa Barat berada pada posisi pembuka rangkaian pesta demokrasi lainnya, dimana akan berlangsung pemilihan umum legislatif di 2018 dan pemilihan umum presiden RI 2018, hal ini seolah membuat Pilgub menjadi momentum untuk "warming up" ( pemanasan mesin partai).

Dalam Pilgub nanti seluruh poros koalisi partai berlomba-lomba "unjuk gigi" akan kemapanannya merebut hati masyarakat untuk memilih pasangan calon yang diusung, hitung-hitungannya bukan hanya soal siapa yang lolos menjadi pemenang saja, tapi juga merupakan 1 tolok ukur keberhasilan partai politik dalam membaca strategi lawan, meraih suara dan mengevaluasi titik kelemahan agar dapat menjadi peraih suara besar dalam momentum pemilihan legislatif di 2019 mendatang.

Di 2019 nanti paling tidak keberuntungan dapat dimiliki oleh partai-partai kecil yang dapat membawa elektabilitas dan popularitas Paslon Gubernurnya turut andil dalam mempengaruhi pilihan hati masyarakat, minimalnya ada suara-suara yang biasanya "tercecer" justru dapat lebih mudah terorganisir.

Hasilnya adalah, perolehan suara dan kursi sebanyak-banyaknya di legislatif menjadi penanda akan semaraknya pesta demokrasi khususnya bagi masyarakat Jawa barat dalam masa satu putaran ini, hal ini membuat kesan baru bahwa Jawa Barat dan beberapa daerah lainnya yang tengah melangsungkan pesta demokrasi (serupa) merupakan laboratorium seluruh partai menuju kemenangan pemilihan umum presiden 2019 mendatang.

Lantas sejauh mana setiap partai politik memanfaatkan momentum ini? Jawabannya akan sama-sama kita dapatkan usai Pilgub nanti.


Tags:

Berita Terkait

Related News