Verifikasi Media, AJI Kota Bandung Nilai Tindakan Dewan Pers Sudah Benar

BANDUNG- Adanya resistensi bahkan penolakan dari kalangan pers dengan program verifikasi media disikapi oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Bandung. AJI menilai Dewan Pers sudah melakukan sesuatu yang tepat terkait verifikasi media.

"Sejauh ini saya nilai Dewan Pers masih on the track dalam melakukan verifikasi media. Ada beberapa kekurangan dan kritik memang, tapi secara garis besar sudah pada jalurnya," ujar Ketua AJI Kota Bandung, Ari Syahril Ramadhan, kepada Portaljabar.net, Rabu, (13/06/2018).

Menurut Ari, spirit awal verifikasi media oleh Dewan Pers adalah untuk menjaga etika dan profesionalisme media massa. Selain itu program ini bertujuan untuk memisahkan media massa yang beretika dan profesional dengan media abal-abal.

Ari menegaskan verifikasi media ini semangatnya bukan untuk membatasi hak warga negara untuk bermedia. "Namun, tentu dalam bermedia ada aturan mainnya, ada regulasi," ujarnya.

Selain itu salah satu item verifikasi media diharuskan perusahaan media memiliki etika yang harus dipenuhi serta standart tertentu yang wajib dimiliki perusahaan media.

"Seperti standar perusahaan yang sehat dan standar pemenuhan hak normatif pekerja media," ujarnya. (Uya)

Related Articles