Bogor

Jamaah Tarikat Naqsyabandiyah Al-Kholidiyah Lebaran Hari Ini

Suherman - Jun 13 2018 at 16:53:12   469 Viewer

Jamaah Tarikat Naqsyabandiyah Al-Kholidiyah Se Pulau Jawa Pagi Tadi Melaksanakan Salat Idul Fitri Di Bogor (Herman/PJ)

BOGOR - Jamaah Tarikat Naqsyabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliah se Pulau Jawa hari ini melaksanakan salat Idul Fitri di Majelis Darussalam Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Rabu (13/6/2018).

Berdasarkan hasil penghitungan pergantian bulan dengan metode hisab, mereka bersepakat bahwa tanggal 1 Syawal jatuh pada hari ini. "Kita itu menggunakan metode Hisab Qomariyah, dan berdasarkan Hisab Qomariyah, tarikat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah menggenapkan puasa selama 30 hari itu kemarin dan InsyaAllah tanggal 1 Syawal itu hari ini," kata perwakilan jamaah Tarikat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah, Syekh Muda Maulana Syarif Alam.

Menurutnya, metode untuk menentukan tanggal tersebut ada dua, pertama Hisab dan kedua Hilal. Berdasarkan Hisab Qomariyah, tarikat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah menggenapkan puasa selama 30 hari itu jatuh pada Selasa (12/6/2018) kemarin.

Di Indonesia kata Maulana, terdapat tiga lokasi yang menjadi pusat pelaksanaan salat Idul Fitri untuk Tarikat Naqsabandiyah Al-Khalidiyah. Sedangkan untuk di Pulau Jawa dipusatkan di Bogor. "Di Sumatera Utara, kemudian di Kepulauan Riau, lalu untuk di Pulau Jawa di Bogor," katanya.

Maulana mennyampaikan, Salat Idul Fitri dilaksanakan tepat pukul 07:30 WIB. Seluruh jamaah yang mengikuti salat Ied merupakan jamaah yang sengaja datang dari berbagai wilayah di Pulau Jawa yang terdiri dari kaum laki-laki dan perempuan dewasa serta anak-anak.

Pantauan portaljabar.net, seperti pada umumnya, usai Sholat Ied mereka kemudian saling bermaaf-maafan dan diteruskan dengan makan bersama. (Her)

 

Related article