Sehari Jelang Lebaran Harga Bahan Pokok Naik

CIREBON - Harga ayam, cabai merah dan daging sapi naik. Kenaikan harga ketiga pangan tersebut diprediksi akan terus terjadi hingga sehari menjelang lebaran, Kamis (14//6/2018)

Berdasarkan pantauan Portaljabar.net di Pasar Pagi, Kota Cirebon, daging ayam saat ini dijual seharga Rp 40 ribu/kg. Harga ini mengalami kenaikan dibandingkan dua hari sebelumnya yang hanya Rp 37 ribu/kg.

“Hari ini ayam naik lagi,” ungkap Sutrisno, seorang pedagang ayam di pasar tersebut.

Kenaikan harga tersebut menurut Sutrisno sudah berasal dari pemasoknya. Dirinya mengaku hanya mengambil untung sedikit agar ayam yang dijualnya bisa terjual habis.

“Kalau ambil untung terlalu banyak, bisa-bisa tidak laku,” ungkapnya.

Kenaikan yang sama terjadi pada komoditas cabai merah. Saat ini cabai merah dipasar tersebut dijual seharga Rp 55 ribu/kg. “Sekarang sudah banyak yang mencari cabai merah. Biasanya ibu-ibu membeli untuk stok terlebih dahulu,” ujar Yati, seorang pedagang di pasar yang sama.

Kenaikan harga cabai merah ini cukup drastis karena sekitar 3 hari yang lalu harganya masih di angka Rp 35 ribu/kg. Yati mengaku kenaikan harga cabai merah sudah terjadi dari pasar induknya, sehingga ia pun harus ikut menaikkan harga  cabai tersebut.

Tingginya harga cabai merah akhirnya membuat sejumlah warga memilih untuk membeli cabai merah langsung dari pasar induk. “Saya langsung beli di Pasar Jagasatru,” kata Neneng, warga Cangkring, Kota Cirebon.

Di pasar induk tersebut  cabai merah dijual seharga Rp 45 ribu/kg. Namun pembeliannya memang tidak boleh dalam jumlah kecil. “Paling sedikit 1 kg,” ungkap Neneng. Neneng mengaku membeli cabai merah untuk dibuat sambal goreng khas Cirebon yang cabai merahnya diiris-iris dicampur dengan potongan daging sapi.

Sementara untuk harga daging sapi saat ini dijual seharg Rp 125 ribu atau naik dari sebelumnya Rp 120 ribu/kg. “Ada pula yang dijual seharga Rp 120 ribu/kg namun kualitasnya masih dibawah yang kualitas pertama,” ungkap Dadang.

Sekalipun mengalami kenaikan, namun Dadang mengaku pasokan daging sapi dari rumah potong hewan saat ini masih lancar. Dadang sendiri berharap harga daging sapi tidak akan naik terlalu tinggi, sehingga masih bisa dijangkau masyarakat banyak. (Jhn)

Related Articles