Kisah Inspiratif Nico Peter, Pengusaha Muda Alumni Unsika Yang Sukses Bisnis Jasa Cuci Sepatu

KARAWANG- Muda, hitam manis dan sukses . Itulah sosok Nico Peter atau yang kerap disapa Wawa. Cowok berkulit hitam manis ini berhasil menjadi pengusaha sepatu di Karawang meski usianya masih cukup muda, yaitu 23 tahun.

Nico Peter alias Wawa ini lulusan dari Universitas Singaperbangsa Karawang Fakultas Hukum tahun 2017. Wawa sendiri tidak hanya membuka usaha penjual belian sepatu dan jasa pencucian sepatu, ia juga membuka usaha gas , Aqua galon dan limbah.

Wawa sempat berkisah banyak mengenai bisnisnya tersebut saat berbincag dengan portaljabar.net, Selasa (10/7/2018). Dia mendirikan usaha ini sejak bulan April 2018 .

“Awalnya membuka usaha ini saya tidak direstui oleh orang tua saya sendiri, tapi saya tetep maksa untuk membuka usaha jual dan jasa pencucian berbagai macam sepatu dengan bermodalkan nekat, pinjam dana ke teman sampai akhirnya dana yang saya pinjam ketutup kembali," ucap Wawa.

Menurut Wawa, modal itu bukan hanya cukup di uang semata tapi juga niat. Sebab apabila ada niatan yang ingin tercapai dan mempunyai ilmu tersendiri bila tidak dipaksakan maka hidup tidak akan maju. "Saya usaha bukan untuk kaya tapi suka dengan proses berjalannya,” ujar Nico Peter alias Wawa.

Pertama kali ia membuka usaha ini dibantu oleh rekan-rekannya. Mulai dari pembuatan lantai, design dan yang lainnya. "Saya buka usaha ini bener-bener dari nol banget , saya tidak mengunakan jasa tukang untuk merubah design toko saya sendiri, mulai dari design buat gantungan hiasan segala macem itu bareng anak-anak untuk ngebangun ruangan ini,” katanya.

Usaha ini dimiliki oleh Nico Peter sendiri dengan bermodalkan Rp150 Juta dipakai untuk design dan merombak semua ruangan dan asesoris toko. Nico ini tidak hanya membuka jasa pencucian sepatu tetapi iya juga menjual sepatu , T-Shirt, Hoodie dan tote bag . Sepatu yang ia jual Merk Vans, Converse, Supreme, Champions dan yang lainnya.

"Untuk yang ada masalah dengan sepatunya kalian bisa datang aja ke store langsung, baik itu karna sepatunya kotor, sol rusak dan warnanya memudar. Untuk pencucian sepatu sepasangnya seharga Rp30-50 Ribu," katanya.

Dalam sebulan, ia bisa menghasilkan uang mencapai Rp 35 Juta dari usahanya nicter.id dan jasa pembersihan sepatu. "Dihitung selama 3 bulan saya membuka usaha ini barang yang terjual kisaran 100 lebih dan untuk yang mencuci sepatu di clean friend shoes kisaran 300 lebih sepasang sepatu yang di cuci disini,” ujarnya. (Ezma)

 

Berikut ini adalah beberapa list harga untuk mencuci sepatu kalian yang ingin dicuci :

* Mencuci sepatu mulai dari harga Rp 30- 50 Ribu.

 

1. Treatment medium itu jika sepatu yang berbahan canvas atau yang nodanya tidak membandel. Ini kisaran harga

2. Treatmen suede adalah untuk sepatu yang  berbahan berbulu

3. Treatmen hard adalah untuk bahan sepatu yang mempunyai noda membandel

4. Trearment leather untuk sepatu kulit

5. Repaint yaitu untuk sepatu yang warnanya sudah pudar dan kita bisa cat kembali seperti baru lagi

6. Yellowing adalah proses oksidasi pada sole yang terbuat dari karet yang menguning dan bisa kembali putih seperti awal lagi
.

Tags:

Berita Terkait

Related News