932 Preman Dan Anak Jalanan Berhasil Diamankan Polisi


CIREBON-Sedikitnya 932 preman dan anak jalanan berhasil diamankan jajaran Polres  Cirebon untuk didata dan diberi pembinaan agar tidak melakukan tindak kriminal saat berada dijalanan.

Pantauan Portaljabar.net dihalaman Polres Cirebon, tampak ratusan preman sedang didata oleh petugas. Bukan hanya itu ratusan preman yang diamankan dari jalanan itu diminta untuk telanjang dada, kemudian dilakukan pembinaan oleh kasat Binmas Polres Cirebon Kabupaten. Nampak ditengah-tengah ratusan preman terdapat seorang perempuan yang turut diamankan petugas.

Kapolres Cirebon Kabupaten, AKBP. Suhermanto, mengatakan, selama sembilan hari pada kegiatan Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KKYD) itu, pihaknya berhasil mengamankan sebanyak 932 preman jalanan yang selama ini kerap meresahkan masyarakat Kabupaten Cirebon.

“Ratusan preman itu kita amankan selama sembilan hari, dan terakhir pada tanggal 19 Juli kita juga mengamankan 57 orang preman di sepanjang jalur Pantura yang dianggap meresahkan masyarakat," katanya, Jumat (20/7/2018).

Ratusan pria bertato itu, lanjut Kapolres, diamankan dari berbagai wilayah Kabupaten Cirebon yang bekerjasama denga SatBinmas Polres dan Polsek setiap zona, baik zona Tengah, Barat, Utara dan Timur.

"Penertiban preman ini merupakan atensi Kapolri agar setiap wilayah dapat menciptakan kondisi aman dan nyaman," ujarnya.

Setelah dilakukan pembinaan dan pendataan, ratusan pria itu menandatangani surat pernyataan. Bagi preman dan anak jalanan itu berasal dari luar cirebon, maka akan dikembalikan keasalnya.

“Kami data dan bagi yang bukan berasal cirebon kita pulangkan ke asalnya, dan diminta menandatangai pernyataan agar tidak kembali ke Cirebon," imbuhnya.

Sementara itu, Yosef (29), salah seorang preman yang diamankan, mengatakan, dirinya mengakui bahwa perempuan yang turut diamankan itu tidaklah lain merupakan istrinya. Ia dan istrinya itu menjadi juru parkir liar di jalan Pantura Cirebon dari malam hingga pagi hari. 

"Perempuan itu istri saya, pada saat diamankan petugas, saya dan istri saya sedang berada di Plumbon dan berada di Polres ini semenjak dari malam dan sampai sekarang belum pulang, harus menunggu pendataan dulu," katanya. (abr).

Related Articles