Bantu Permudah Transaksi Nasabah, BI Cirebon Siap Luncurkan 47 Ribu Kartu GPN

CIREBON - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Cirebon bersama Perbankan di Wilayah Ciayumajakuning akan menggunakan pembayaran elektronik dengan satu alat pembayaran elektronik terintegrasi atau Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). 

Sebanyak 47 ribu kartu GPN akan diluncurkan ke masyarakat melalui 9 Bank di Ciayumajakuning. (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan). Baik melalui sosialisasi ataupun expo di pusat perbelanjaan dan penukaran langsung di kantor bank terdekat. Secara nasional hingga tahun 2018 ditargetkan, setidaknya sebanyak 13 juta kartu GPN yang akan sampai ke tangan nasabah.

Kartu GPN/net

 

Kepala Tim Sistem Pembayaran Pengedaran Uang Rupiah dan Keuangan Inklusif (KPwBI) Cirebon Yukon Afrinaldo mengatakan, pekan penggantian kartu GPN akan dilakukan mulai tanggal 29 Juli hingga 3 Agustus 2018 mendatang.

Diluar itu, nasabah dapat menukarkan kartunya langsung di Bank terdekat. Penukaran kartu, tidak hanya dapat dilakukan oleh nasabah di Wilayah Ciayumajakuning saja, dari luar Cirebon pun dapat menukarkannya.

“Tahap awal kita cetak 47 ribu kartu. Setelah itu masih akan kita keluarkan sebanyak 48 ribu, 50 ribu kartu dan seterusya. Yang dari luar kota juga boleh menukarkan kartunya di Cirebon karena berlaku secara nasional,” katanya, Jumat (27/07/2018).

Ia menjelaskan, penggunaan kartu GPN dapat mengintegrasikan transaksi Perbankan di seluruh Bank di Indonesia, namun kartu debet elektronik ini tidak dapat digunakan di luar negeri.

“Ini merupakan kedaulatan nasional transaksi rupiah. Selain itu, nasabah pun akan diuntungkan dengan pengurangan biaya administrasi perbankan. Hanya berlaku secara nasional, di luar negeri hanya mengenal kartu kredit,” ujarnya.

Sementara, Transaksional Bussines Banking Officer Bank Mandiri area Cirebon Nadia Elsa Noviani mengaku, telah siap seluruhnya untuk menyalurkan kartu GPN ke masyarakat. “Nasabah dapat menukarkan kartu GPN di 35 Kantor Cabang Bank Mandiri di Ciayumajakuning dan akan di launching pada hari Minggu besok,” katanya. (Jhn)
    
 

Related Articles