Cintai Lingkungan, Karang Taruna Bojong Kulon Warnai Bantaran Sungai

CIREBON-Ingin sajikan berbeda dan penuh warna pada HUT RI ke-73, para Karang Taruna Blok Majasri Desa Bojong Kulon, Kecamatan Susukan, menghias bantaran sungai dengan cat warna-warni hingga terlihat sungai penuh dengan warna.

Ketua Karang Taruna Bojong Kulon, Sokib, mengatakan, insiatif tersebut berawal saat obrolan warung kopi, namun direspon dengan baik oleh masyarkat.  Menurutnya, pemuda milenial harus bebas berekspresi tapi tetap harus peduli lingkungan.

“Dengan pesan moral sungai kita buat indah dengan warna-warni, dan dengan seperti itu masyarakt bisa enggan untuk mengotori atau membuang sampah ke sungai, karena selain kita buat warna nanti kita pasang tempat sampah dipinggiran sungai tersebut dengan jarak 3-5 meter dari tempat sampah satu dengan lainnya,” katanya kepada Portaljabar.net saat mengecat sungai, Senin (6/8/2018).

Sokib menuturkan, saat ini dirinya dan para pemuda yang tergabung dalam cinta lingkungan, sedang mengagas masyarakat jangan buang sampah di sungai, agar benar-benar menjadi kampung yang cinta lingkungan.

“Dengan dibuatnya cat warna-warni di tepian sungai masyarakat sangat merespon baik, hal itu terlihat saat kita para pemuda mengecat masyarakat memberikan makanan dan minuman kepada para pengecat saat bekerja,” ujarnya.

Disoal terkait anggaran, dirinya membeberkan bila anggaran itu merupakan swadaya masyarakat untuk membeli cat dan peralatan lainnya kita akan buat kampung Majasri Desa Bojong Kulon menjadikan kampung kreasi, dan nanti akan kita buat spnduk selamat datang di Kampung Majasri.

"Untuk anggaran kita perdayakan swadaya masyarakat, agar masyarakat merasa memiliki serta menjaganya dengan baik, " tutupnya. (abr).

Related Articles