20 Adegan Diperagakan Dalam Rekonstruksi Kasus Tarung Gladiator Yang Menewaskan Firgi

BOGOR-Satreskrim Polresta Bogor Kota menggelar reka adegan (rekonstruksi) kasus pertarungan ala gladiator tiga lawan tiga yang menewaskan Firgi (13), siswa SMP Negeri Cibungbulang di wilayah Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor pada Selasa 31 Juli 2018 lalu.

Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota, Kompol Agah Sonjaya, mengatakan, rekonstruksi yang digelar di Kawasan Braja Mustika, Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor itu, untuk melengkapi berkas penyidikan atas kasus tersebut.

"Ini guna melengkapi berkas penyidikan kami atas ketujuh tersangka atas kasus tersebut," kata Agah kepada awak media, Jumat (10/8/2018).

Kasat menambahkan, dalam rekonstruksi itu diperagakan sebanyak 20 adegan mulai dari awal pertemuan, ajakan, perencanaan, menyiapkan senjata tajam, hingga mengantar para korban yang akan di pertarungkan ke lokasi oleh para alumni dari kedua sekolah tersebut.

"Semuanya ada 20 adegan, yang dilakukan para pelaku yang di antaranya merupakan alumni," imbuhnya.

Rekonstruksi yang berlangsung sekitar dua jam itu, sambung Agah, tidak ada fakta baru yang diperagakan. Dari adegan ke adegan sama persis dengan hasil keterangan para tersangka selama proses penyidikan.

"Tidak ada, semua berjalan sesuai hasil keterangan para tersangka pada saat penyidikan awal," ujar Kasat.

Dalam rekonstruksi terungkap bahwa duel ala gladiator tersebut sengaja diadakan oleh para alumni dari dua sekolah yakni SMP Negeri Cibungbulang dan SMP Negeri 2 Dramaga, Kabupaten Bogor.

Bahkan aksi yang berujung pada kematian korban disinyalir sudah menjadi tradisi bagi kedua sekolah tersebut. Namun menurut Kapolresta Bogor Kota dalam keterangan persnya beberapa waktu lalu, aksi ala gladiator ini pada mulanya dilakukan tanpa menggunakan senjata tajam.

Selain tujuh tersangka yang sudah ditangkap hingga proses rekonstruksi digelar, terdapat dua tersangka lainnya yang kini masih buron dan dalam pengejaran aparat kepolisian Polresta Bogor Kota. (her).

Related Articles