Mencuat Dugaan DPT Ganda Pemilu 2019, Begini Sikap KPU Jawa Barat

BANDUNG-Terkait dugaan adanya data pemilih ganda, Ketua KPU Provinsi Jawa Barat, Yayat Hidayat, menuturkan, pihaknya akan memeriksa daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019 di seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Pemeriksaan ulang DPT Pemilu 2019 akan dilakukan pada 12 dan 13 September. Dan pada 14 September akan direkap, kemudian ditetapkan.

"Pemeriksaan dilakukan dengan sungguh-sungguh. Sebab, saat penetapan DPT Pemilu 2019, Bawaslu tidak merekomendasikan pemeriksaan ulang," ujar Yayat usai acara deklarasi Penyelenggara Pemilu, Partai Politik dan sejumlah komponen masyarakat, mengumandangkan kebulatan tekad.

Tekad bersama itu disampaikan saat deklarasi bersama Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 yang aman, damai dan sejuk di Aula Maryono Mapolda Jawa Barat Jalan Soekarno Hatta Nomor 748 Bandung, Rabu (12/9/2018).

Adapun deklarasi bersama yang pembacaannya dipandu Ketua KPU Jawa Barat Yayat Hidayat  tersebut, salah satunya menolak dan melawan segala bentuk politik uang, politisasi SARA dan hoaks dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum tahun 2019 demi mewujudkan Pemilihan Umum yang berbudaya. (edi).

Berita Terkait

Related News