Lomba Bercerita Rakyat Nusantara Melatih Kecerdasan Dan Mental Kreatif Siswa SD 

CIREBON - Sedikitnya ada 40 peserta mengikuti lomba bercerita tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI). Lomba bercerita ini untuk melatih anak hidup cerdas, mental kreatif serta melatih jiwa kompetisi.

Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Harpeni, mengatakan, jika lomba bercerita ini diikuti oleh 40 siswa SD/MI yang ada di Kota Cirebon. 

“Dari 40 peserta akan dipilih 10 orang yang masuk ke grand final,” ungkap Harpeni.

Setelah itu akan dipilih 6 peserta yang akan mendapatkan juara pertama hingga harapan ketiga. Lomba bercerita ini diselenggarakan mulai hari ini, Senin, 17 September 2018 hingga 20 September 2018 mendatang.

Masing-masing pemenang, lanjut Harpeni, akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan serta hadiah lainnya. 

“Ada pun komponen yang dinilai diantaranya penampilan, cara bercerita, penguasaan panggung, penguasaan materi dan kemampuan atau skill dari peserta,Ada pun peserta terdiri dari siswa kelas 3 hingga 5 SD dan MI yang diminta membawakan materi cerita rakyat Nusantara," jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cirebon, Mochamad Korneli, menjelaskan jika lomba bercerita ini untuk menumbuhkembangkan minat dan kegemaran membaca pada diri anak-anak di usia dini.

"Tujuanya, untuk menanamkan cinta kebudayaan dan memupuk rasa persatuan dan kesatuan serta nasionalisme. Karena yang mereka ceritakan adalah cerita-cerita rakyat yang ada di Nusantara ini,” katanya.

Melalui lomba ini juga akan meningkatkan imajinasi anak-anak di usia SD. Termasuk mengendalikan emosi serta melatih mereka untuk cerdas, memiliki mental kreatif serta melatih jiwa kompetensi mereka. (Jhn)

Tags:

Berita Terkait

Related News