Tuai Berbagai Komentar, Ketua KNPI Sukabumi Angkat Bicara Terkait Insiden Berdarah GLBA

SUKABUMI-Insiden pengeroyokan yang menewaskan suporter Jak Mania, Haringga Sirila (24), oleh oknum suporter di Stadion GLBA Bandung, Minggu (23/9/2018) lalu menuai berbagai komentar.

Di antaranya Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Sukabumi, Mellan Maulana. Dirinya sangat menyayangkan dan menanggapi insiden tersebut. 

"Pertama, saya mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya kepada keluarga korban yang tentunya masih saudara kita sebangsa dan setanah air," tuturnya saat dijumpai wartawan, Selasa (25/9/2018).

Menurutnya, sebagai keluarga besar Viking dan pendukung Persib, dirinya merasa malu dengan kejadian terebut, karena masih ada oknum suporter berbuat brutal seperti itu.

"Sifat brutal, biasanya dilakukan di luar ajang sepak bola. Sedangkan ajang olahraga seperti ini menjujung tinggi sportivitas," ucapnya.

Lanjut Mellan, sebagai pecinta sepak bola Tanah Air sangat menyayangkan ini terjadi, padahal seharusnya Panitia Penyelenggara (Panpel) lebih mengenal karakter pertandingan-pertandingan di Liga Indonesia.

"Sebagai pencinta sepak bola Tanah Air, tentunya sudah mengenal pertandingan Persib Vs Persija itu El Clasiconya Liga Indonesia. Yang memiliki resiko dan tensi tinggi dalam setiap pertandingannya," bebernya.

Seharusnya, sambung Mellan,  panitia penyelenggara lebih mengantisipasi tindakan-tindakan preventif baik sebelum pertandingan, di saat pertandingan maupun setelah pertandingan yang harus diperbaiki penyelenggara. Harapan lain, lanjutnya, insiden jangan sampai terulang lagi.

"Intinya, paniita penyelenggara harus tau karakter para pendukung sepak bola di tanah air dan bagaimana mengantisipasi agar kejadian seperti ini tidak berulang," pungkasnya. (riew).

Related Articles