Maksimalkan Bahan Dasar, UPTD Litbang Keramik Plered Ciptakan Inovasi Tanah PT

PURWAKARTA-Demi menciptakan produkasi keramik yang maksimal, UPTD Litbang Keramik Plered, Kabupaten Purwakarta terus melakukan penelitian dan pengembangan terhadap bahan dan desain dari keramik itu sendiri.

Dengan memadukan dua jenis bahan dasar keramik, UPTD Litbang Keramik Plered, berhasil menciptakan inovasi bahan dasar keramik yang memiliki keunggulan dibanding bahan keramik pada umumnya.

"Bahan dasar kerami ini kita beri nama tanah PT (Plered dan Tegalewaru), karena sample tanah atau bahan dasar keramik ini dari dua kecamatan yang ada di Purwakarta. Pertama dari Kecamatan Plered dan yang ke dua dari Kecamatan Tegalwaru," kata Kepala UPTD Litbang Keramik, Plered, Bambang Mega Wahyu, Rabu (26/9/2018).

Menurutnya, dua bahan dasar tersebut terbukti memiliki masing masing kelebihan, sehingga ketika keduanya disatukan maka akan menciptakan sebuah bahan baku yang kokoh.

"Dan yang pasti akan menciptakan kualitas keramik yang lebih baik dibanding sebelumnya," ujar Bambang.

Bambang menambahkan, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi) sebagai peneliti dan pengembang salah satu ikon kebanggan Kabupaten Purwakarta tersebut, maka pihaknya akan terus berupaya mengembangkan keberadaan keramik Plered. 

"Demi meningkatnya kualitas serta kuantitas keramik ini, kami akan terus melakukan penelitian dan pengembangan, baik itu dari sisi desain maupun bahan dasar keramik itu sendiri," tutupnya. (rhu).

Tags:

Berita Terkait

Related News