Kebakaran Hutan Ilalang Di Purwakarta Nyaris Hanguskan Rumah Warga

PURWAKARTA - Diduga akibat api yang menjalar dari pembakaran sampah, sebuah hutan ilalang seluas kurang lebih 5 Hektare yang berlokasi di Desa Cikumpay RT 001/002, Kecamatan Campaka, Purwakarta, terbakar, Minggu (7/10/2018).

Akibat kebakaran tersebut, api nyaris sampai ke pemukiman warga, karena lokasi hutan ilalang berada lumayan dekat dengan salah satu perumahan yang ada di wilayah tersebut.

"Sekira pukul 14.20 kami mendapat laporan dari warga terkait adanya kebakaran ilallang tersebut, lalu kami segera bergegas mendatangi tempat kejadian perkara," kata Danru Damkar Purwakarta, Afif BJ, melalui pesan singkat.

"Begitu sampai di TKP, petugas pemadam segera melakukan pemadaman, dan sekira pukul 16.40 api pun berhasil dipadamkan," ujar Afif.

Afif menambahkan, di hari yang sama, kebakaran ilalang juga sempat terjadi di Kecamatan Cibatu tepatnya samping PT Gistex.

"Sebelumnya, sekitar pukul 12.15 Wib periatiwa serupa sempat terjadi terhadap 4 Hektare kebun atau hutan ilalang," ungkapnya.

Dengan kondisi demikian, pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tida membakar sampah sembarangan.

"Saat musim kemarau seperti ini, kondisi hutan atau pun kebun sangat rentan terbakar, jadi tolong kepada masyarakat tidak membakar tumpukan sampah di tempat yang sekira dapat menimbulkan kebakaran," jelasnya. (Rhu)

Related Articles