Tak Punya IPAL, Polisi Segel Pabrik Baja Di Karawang

KARAWANG - Polres Karawang segel saluran pembuangan limbah PT Sarana Central Bajatama (SCB) industri plat baja yang ada di Desa Tamelang, Kecamatan Purwasari, Karawang. 

"Kami pasang police line di lokasi diduga menjadi aliran  pembuangan limbah ke selokan," kata Kapolres Karawang, AKBP Slamet Waloya, Rabu 10/10/218) di lokasi.

Menurutnya, Polisi terpaksa melakukan penutupan IPAL lantaran mendapat laporan dari masyarakat sekitar. Masyarakat mencium aroma tidak sedap yang berasal dari saluran pembuangan pabrik tersebut. 

"Kami lakukan status quo untuk saat ini. Kami bersama DLHK ambil sampel limbah untuk diteliti dan dilakukan penyelidikan," ucapnya. 

Hingga saat ini, Kapolres menyatakan sudah memeriksa lima orang saksi dari pihak perusahaan PT SCB. 

"Kita belum menentukan adanya pidana atau administrasi. Sebelum menunggu adanya hasil laboratorium," katanya.

Sementara itu pihak manajemen mengakui adanya kebocoran dari penampung limbah. Sehingga limbah mengaliri selokan pembuang. Perusahaan mengakui belum memiliki Instalasi Pengelolaan Limbah (IPAL).

"Pengolahan  kita ini tertutup. Jadi tidak mungkin mengalir. Tetapi ada kebocoran. Hal ini juga masih kita dalami oleh pihak manajemen. Tetapi kita pastikan saat ini (di dalam selokan) sudah kering," HR GA PT SCB, Jhon Veri Pasaribu. (Tar)

Related Articles