Miris! Krisis Air Bersih, Warga Desa Slangit Berebut Air Endapan Sungai

CIREBON-Sungguh miris keadaan warga Desa Slangit, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon ini. Buntut musim kemarau yang dialaminya, mereka krisis air bersih. Sehingga untuk bisa dapatkan air bersih, mereka sampai berebut  air sungai dan selokan yang sengaja di tampung untuk diendapkan dalam kolam yang terbuat dari terpal yang berukuran 3X2 meter di tengah sawah. 

Menurut keterangan salah satu warga, Sarkim, mereka rela berjalan cukup jauh dari pemukiman penduduk untuk mendekati kolam yang sengaja di buat dari terpal untuk menampung air. Dengan posisinya berada di tengah sawah karena dekat dengan mata air yang ada. 

"Kami sengaja menuju pematang sawah dan jalan setapak untuk mengambil air  yang di tampung di kolam terpal, yang merupakan air endapan dari sungai dan selokan desa tetangga," kata Sarkim, Kamis (11/10/2018).

Sementara itu salah seorang perangkat desa setempat, Adi Sucipto, mengatakan, pembuatan kolam penampungan air sengaja di buatkan meski harus jauh dari pemukiman warga, karena mata air dan sungai di lokasi itu masih terdapat air. 

"Ya kami sebenarnya ingin membuatkan penampungan kolam terpal ini yang lebih dekat lagi dengan pemukiman warga, tetapi karena pemukiman warga cukup jauh jaraknya dan air hanya ada di lokasi itu, sehingga sementara hanya di buatkan di lokasi itu," bebernya.

Mengingat kondisi tersebut, sambungnya, pihaknya sedang berusaha untuk membuat kolam penampungan lebih dekat lagi dengan warga tetapi harus menambahkan selang yang lebih panjang agar bisa sampai kepemukiman warga.

"Kami sangat berharap pemerintah daerah untuk mencarikan solusi terkait kekeringan di desa kami, karena hal Itu sudah rutin terjadi setiap tahunnya," pungkasnya. (abr). 

Related Articles