Kejelasan Dicoretnya Calon Kades Anak Sekwan Masih Sumir, Cellica : Kalau Aturan Tidak Boleh Jangan Memaksakan!

KARAWANG- Polemik Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) Kalangsari yang menjadikan ketidakstabilan situasi dipicu oleh pelanggaran Undang-undang UU) Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa oleh Calon Kades Aditya Mulya Nugraha.

Menurut data dan fakta yang ada saudara Aditya saat mendaftar Pilkades masih berusia dibawah 24 tahun yang jelas-jelas melanggar ketentuan Undang-undang yang mengamanatkan usia termuda saat mendaftar Pilkades adalah berusia 25 tahun. Sesuai dengan bunyi UU Tentang Desa Pasal 33 huruf e yaitu Calon Kepala Desa wajib memenuhi persyaratan berusia paling rendah 25 (dua puluh lima) tahun pada saat mendaftar.

Selanjutnya pada hari Minggu (14/10/2018) entah karena angin apa Panitia Pilkades Kalangsari mundur semua.

Belum diketahui motif mereka mundur sebagai panitia entah karena kesadaran sendiri atau malahan karena desakan salah satu calon tertentu yang merasa dirugikan.

Menyikapi hal ini Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana meminta semua pihak memahami permasalahan ini secara utuh.

Menurut Cellica selama aturan dalam UU memperbolehkan seseorang maju sebagai Calon Kades maka dipersilahkan lanjut begitupun sebaliknya.

”Kalau aturannya (Aditya) boleh menjadi peserta Pilkades ya silahkan terus, tapi kalau aturannya berbunyi gak boleh ya jangan memaksakan,” ucap Cellica kepada wartawan, Senin, (15/10/2018).

Cellica menegaskan dirinya tidak memihak kepada Calon Kades manapun entah itu incumbent ataupun Aditya yang ayahnya masih merupakan anak buah intinya di Pemda Karawang.

“Saya tidak mendukung pihak manapun dalam Pilkades Kalangsari,”ujarnya.

Selanjutnya Cellica berujar agar pelaksanaan Pilkades Kalangsari harus jalan terus walaupun terjadi polemik gara-gara kelakuan anak Sekwan.

“Pilkades jangan sampai berlarut-larut, Pilkades Kalangsari tidak mungkin diundur, karena ini untuk masyarakat dan  marwah Pemda,” ujarnya.

Sementara itu, informasi yang Portaljabar.net himpun saat ini digelar rapat tertutup mengenai evaluasi Pilkades Desa Kalangsari di ruang Rapat Bupati. Belum diketahui hasil dari rapat tersebut hingga berita ini dipublikasikan. (Uya)

Berita Terkait

Related News