Heboh, Calon Kades Di Karawang Bawa Gepokan Duit Dan Dibagikan Ke Warga, Tonton Nih Videonya!

KARAWANG- Calon Kades (Kepala Desa) Curug, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, nomor urut 4 bernama Rahita diduga melakukan money politik (politik uang) dalam rangka kampanye Pilkades.

Video Rahita saat membagikan duit terekam dalam video amatir dari sumber terpercaya dan berhasil diterima Portaljabar.net. Rahita yang juga berstatus Kepala Desa Curug (petahana) ini terlihat memegang gepokan uang lalu membagi-bagikan uang tersebut kepada warga yang terlihat mengantri. 

Menyikapi temuan ini, pengamat politik yang cukup kritis di Karawang, Tatang Obet menilai perbuatan Rahita jika terbukti dapat dipenjara karena melanggar pasal 149 ayat 1 KUHP yang diancam pidana 9 bulan dan denda 4500 rupiah.

"Pasal 149 Ayat 1 KUHP berbunyi barang siapa pada waktu diadakan pemilihan berdasarkan aturan-aturan umum, dengan memberi atau menjanjikan sesuatu, menyuap seseorang supaya tidak memakai hak pilihnya atau supaya memakai hak itu menurut cara tertentu, diancam dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan atau pidana denda paling besar empat ribu lima ratus rupiah," jelas Obet kepada Portaljabar.net, Selasa, (16/10/2018).

Berikut Video saat kades tersebut bagi-bagi duit :

Tatang yang juga menjabat sebagai Ketua MPPN (Masyarakat Pemantau Penyelenggara Negara) sebuah lembaga nirlaba yang fokus mengkritisi kinerja penyelenggara negara ini menilai selain berpotensi dipenjara, Rahita juga sangat mungkin didiskualifikasi dari Pilkades.

"Dugaan pelanggaran kampanye Pilkades dengan melakukan money politik yang dilakukan Rahita seharusnya dilaporkan kepada panitia Pilkades. Lalu panitia dapat menggugurkan yang bersangkutan dari Pilkades," ujarnya.

Selain itu, menurut Tatang, perbuatan yang dilakukan Rahita merupakan bibit korupsi yang dilestarikan dan dibudayakan secara sistematis.

"Money politik ini kan sama saja dengan penyuapan dan merupakan bibit dari korupsi. Jadi alangkah tidak pantasnya seorang Kades yang sekarang juga berstatus Calon Kades bertingkah seperti itu," ujarnya.

Sementara itu Rahita selaku subyek yang diperkarakan dalam video money politik tersebut belum bisa dihubungi oleh Portaljabar.net untuk diklarifikasi terkait kebenaran video tersebut. (Uya)

Berita Terkait

Related News