Diguyur Hujan, Jurang Pelangi Tergerus Longsor

SUKABUMI-Akibat guyuran hujan deras yang melanda Kota Sukabumi dalam beberapa hari terakhir, bangunan tebing dengan sebutan tebing pelangi ambruk tergerus longsor.

Tebing seluas 8x10 meter persegi yang berlokasi di RT 02 RW 05, Kelurahan Warudoyong, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, mengalami longsor, Rabu (17/10/2018) dini hari, sekitar pukul 02.00 WIB. 

Padahal, lokasi tersebut diketahui tengah dalam tahap pembangunan untuk ruang publik yang rencananya disulap menjadi lokasi swafoto yang menarik perhatian.

Ketua RT setempat, Dani Solahudin, membenarkan, tempat yang tengah dibangun bersama warga sekitar itu longsor setelah diguyur hujan dalam beberapa hari terakhir. Ia juga mengaku baru mengetahui setelah ada warga yang melapor. 

"Pas kejadian, tidak ada tanda-tanda seperti gemuruh atau pergeseran tanah bahwa tebing tersebut akan longsor," terangnya kepada wartawan saat ditemui di lokasi longsor, Rabu (17/10/2018) di kediamannya.

Dirinya juga menyebut, beruntung tidak ada korban jiwa karena kejadian pada dini hari. Tiga Kepala Keluarga (KK) yang tinggal di sekitar area longsoran juga tak dievakuasi, namun masih dalam pantauan.

Sementara itu menurut Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Sukabumi, Ahdar Somali, menyebut, longsor terjadi lantaran tanah kering saat musim kemarau beberapa bulan lalu langsung diguyur air hujan dalam beberapa hari terakhir. Air masuk ke tanah yang kering hingga menyebabkan pergerakan tanah.

Sepertinya, lanjut dia, saat peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan berdasarkan kajian geologi. Retakan-retakan tanah yang kering, masuk rembesan air yang mendorong pergerakan tanah hingga terjadi longsor. 

"Karena bukan kategori tanggap darurat, jadi tidak perlu ada evakuasi. Tapi tetap kita monitor," pungkasnya. (riew).

Berita Terkait

Related News