Siap Mensukseskan, Dewan Kesenian Majalengka Bersikap Netral Di Pilpres 2018

MAJALENGKA-Menjelang Pileg dan Pilpres 2019, Dewan Kesenian dan Kebudayaan Majalengka (Dekkma), menyatakan tetap netral dan siap mensukseskan Pileg dan Pilpres 2019 dengan aman, damai dan bermanfaat.

Ketua Dekkma, Asikin Hidayat, mengatakan, bahwa pihaknya akan mensukseskan Pileg dan Pilpres 2019. Adapun sikap Dekkma dirumuskan dalam beberapa poin. 

Diantaranya, kata dia, bahwa Dewan Kesenian dan Kebudayaan Majalengka menyatakan sikap setia kepada Pancasila dan UUD 1945 siap menjaga dan mempertahankan ‎keutuhan NKRI dan turut serta menciptakan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat

"Tak hanya itu, kami juga mendukung pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 aman, damai dan bermanfaat," ucap Asikin, pada saat acara silaturahmi budaya dan pernyataan sikap Dekkma, dalam rangka mensukseskan Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019, Kamis (18/10/2018).

Asikin menambahkan, bahwa Dekkma Majalengka selama Pileg dan Pilpres 2019, akan menjaga dan mempertahankan keutuhan seniman dan kebudayaan Majalengka dengan bersikap netral dan tidak berafiliasi dengan kelompok manapun.

"Demi menjaga keindahan dan kelestarian lingkungan hidup, kami juga menolak dengan keras pemasangan baliho pada pepohonan di jalanan umum," tambahnya.

Menurutnya, Dekkma Majalengka juga menolak segala bentuk kegiatan politik, yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa serta menolak radikalisme, terorisme, narkoba, berita hoaks, ujaran kebencian, intimidasi, adu domba, isu sara dan tindakan anarkis.

"Kami juga akan menjaga sinergitas dan solidaritas antara TNI Polri dan Dekkma. Oleh karena itu, dengan adanya pernyataan sikap dari Dekkma ini, kami berharap semuanya sesuai harapan," imbuhnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, perwakilan dari Pemda Majalengka, Asda 1, Aeron Randi, mengatakan, ‎tingkat partisipatif untuk Pilkada serentak di Majalengka mencapai 79 persen, diharapkan lanjut dia, pada Pileg dan Pilpres 2019 nanti angka tersebut tetap bertahan. 

"Kami harapkan dengan adanya sikap ini, tingkat partisipatif pada Pileg dan Pilpres nanti tetap bertahan di angka 79 persen. Kami juga berharap Pileg dan Pilpres nanti dapat aman dan kondusif," tutupnya. (man).

Berita Terkait

Related News