Sosialisasi KTMDU Di Desa Rengasdengklok Utara, Petugas Langsung Datangi Rumah Warga

KARAWANG - Berbagai upaya pemerintah Desa Rengasdengklok Utara, Kecamatan Rengasdengklok, untuk menekan angka Kendaraan Tidak Melakukan Daptar Ulang (KTMDU), dengan melakukan penjemputan data KTMDU langsung ke rumah warga dengan dibantu RT dan RW, Kamis (18/10/2018).

Petugas penelusuran KTMDU hanya bertugas memberitahukan kepada wajib pajak dengan memberikan Surat Pemberitahuan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (SPKP2KB) untuk status kendaraan atau status terakhir kendaraan bermotornya. 

Samsat Kabupaten Karawang yang bekerjasama dengan pihak kecamatan dan desa, melakukan penjemputan data KTMDU langsung ke rumah rumah warga. Sedangkan Petugas Penelusuran KTMDU hanya bertugas memberitahukan kepada wajib pajak dengan memberikan Surat Pemberitahuan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (SPKP2KB) untuk status kendaraan atau status terakhir kendaraan bermotornya. 

Hal ini disampaikan, Ade Mulyana, selaku Satgas Linmas inti Desa Rengasdengklok Utara dan selaku petugas yang menyampaikan pemberitahuan ini.

"Pemberitahuan ini diberikan kepada masyarakat kami yang sudah terdaftar dari nama data pemberitahuan pajak. Dan melakukan sosialisasi pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)," ucapnya.

Menurutnya, pihaknya ditugaskan untuk menjemput bola KTMDU dan menulusuri pemilik kendaraan yang belum membayar pajak. Serta menelusuri jumlah kendaraan yang hilang, rusak berat, dan pindah tangan ke luar daerah.

"Penulusuran KTMDU ini untuk menghasilkan data sebenarnya angka KTMDU tersebut," jelasnya.

Program ini dapat dirasakan Uci (50) warga Dusun Cikangkung Barat, bahwa dirinya sangat terbantu sekali dalam kepengurusan pembayaran pajaknya.

"Saya pribadi sangat mendukung sekali program ini, Karena program ini sangat membantu sekali masyarakatmasyarakat awam dalam kepengurusan pajak kendaraan, seperti saya ini," pungkasnya. (wins)

 

 

Berita Terkait

Related News