Hanya Makan Gaji Buta, Istilah Yang Diupayakan Berubah Oleh BPD Kalibuaya

KARAWANG-BPD (Badan Permusyawatan Desa) Kecamatan Telagasari, periode 2018-2024 yang baru dilantik Bupati Karawang, berkomitmen untuk mengubah mindset yang melekat di masyarakat bahwa lembaga tersebut tidak jelas kerjanya sehingga di istilahkan hanya memakan gaji buta semata. 

“Jangan lagi ada asumsi masyarakat, BPD hanya makan gaji buta. Karena kita dari BPD sedang mengoptimalkan dan melaksanakan apa yang ditugaskan Permendagri 110 Tahun 2016 tentang Fungsi dan Tugas BPD,” ucap Tohawi, Sekretaris BPD Kalibuaya kepada Portaljabar.net, beberapa waktu lalu.

Selain itu, menurut Tohawi jajarannya bermaksud menghilangkan image bahwa Kepala Desa adalah seteru BPD dalam menjalankan roda pemerintahan. 

“Agar hilang image sebagai rival intinya BPD dengan Kades sama-sama membangun dan memajukan desa, saling mengisi, kalau ada yang menyimpang kita luruskan, begitupun sebaliknya,” ujarnya.

Menurut Tohawi, posisi BPD dalam membantu jalannya pemerintahan desa adalah sebagai pemandu jalan ketika ada yang bengkok langsung diluruskan. 

“Posisi kami adalah membantu meluruskan pemerintah desa dalam pelaksanaannya sebagai eksekutif. Lalu kami bersama Kades menyamakan visi dan misi agar bersinergi,” ucapnya.

Salah satu buktinya bahwa Kades dan BPD menyamakan vsisi dan misi, menurut Tohawi adalah keterbukaan dalam perencanaan anggaran pemerintah desa. 

“Kita sudah RDP (Rapat Dengar Pendapat) bersama Kepala Desa mengenai APBDes Perubahan tahun 2018, ada kenaikan pendapatan Kepala Desa dari DBH (Dana Bagi Hasil) dari semula 1,9 miliar dengan dan luncuran DBH ada perubahan anggaran menjadi 2,137 miliar. Transparansi anggaran ini kan langkah awal dalam menyamakan visi dan misi,” tutupnya. (uya).

Berikut Susunan BPD Kalibuaya Periode 2018-2024 :
1. Warhapi sebagai Ketua.
2. Tasum Syutomi sebagai Wakil Ketua.
3. Tohawi sebagai Sekretaris.
4. Husen sebagai Kepala Bidang Penyelengaraan Pemerintah Desa dan Pembinaan Masyarakat.
5. Ali Simamora sebagai Kepala Bidang Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.
6. Haji Warja sebagai Anggota.
7. Utan Mustar sebagai Anggota.

Berita Terkait

Related News