Prajurit TNI Lingkungan Korem 063 Gelar Latihan Peraturan Militer Dasar

CIREBON-Prajurit Korem 063/SGJ melaksanakan latihan peraturan militer dasar (Permildas), dalam rangka minggu militer yang merupakan kegiatan rutin dilakukan setiap minggu ke-4 setiap bulan, bertempat di lapangan upacara Korem 063/SGJ, Jalan Brigjen Dharsono By Pass, Kota Cirebon, Senin (22/10/2018).

Kegiatan ini dipimpin oleh Dankima Lettu Inf Erwandi, kegiatan minggu militer ini dilaksanakan setelah pelaksanaan upacara bendera mingguan. Dalam pengarahannya, Dankima mengatakan bahwa kegiatan latihan Permildas merupakan salah satu cara untuk membentuk disiplin prajurit. 

Dalam Permildas, dapat kita lihat gerakan perorangan maupun kelompok yang dapat menunjukkan sikap perasaan taat dan patuh terhadap aturan yang harus dilakukan dan menjadi tanggung jawabnya.

"Orang yang biasa disiplin, di dalam jiwanya sudah tertanam sifat keteraturan, rasa peka dan peduli terhadap lingkungannya, serta dapat menumbuhkan ketenangan, percaya diri, kemandirian dan keakraban terhadap orang disekelilingnya," kata Lettu Inf.Erwandi.

Peraturan Militer Dasar (Permildas), lanjut Erwandi adalah suatu peraturan yang mengatur tentang kehidupan dasar kemiliteran yang wajib dilaksanakan bagi seluruh prajurit TNI. 

"Permildas yang tergabung dalam P5 meliputi Peraturan Penghormatan Militer (PPM), Peraturan Baris Berbaris (PBB), Peraturan Urusan Dinas Dalam (PUDD), Peraturan Dinas Garnisun (PDG) dan Tata Upacara Militer (TUM)," jelasnya.

Menurutnya, kegiatan minggu militer ini merupakan salah satu bentuk mengimplementasikan disiplin baik secara perorangan maupun kelompok. Kegiatan latihan PBB dan PPM ini rutin dilaksanakan bukan hanya saat pelaksanaan minggu militer saja, namun juga dilaksanakan usai upacara bendera hari senin maupun upacara tujuh belasan.

"Sebagai upaya untuk membina dan meningkatkan disiplin baik perorangan maupun dalam hubungan kelompok dan sebagai sarana back to basic prajurit untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit dalam hal-hal dasar seperti sikap, disiplin dan ketrampilan serta militansi sebagai prajurit yang handal," pungkasnya. (jhn).

Berita Terkait

Related News