Hari Ketiga Operasi Zebra, Polres Karawang Layangkan 670 Surat Tilang

KARAWANG-Pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya berlangsung serentak di seluruh Indonesia mulai 30 Oktober hingga 12 November 2018. Tujuh poin penting menjadi atensi jajaran Kepolisian khususnya Satuan Lalu Lintas. Hingga hari ketiga operasi, Satlantas Polres Karawang sudah melayangkan 670 surat tilang kepada pelanggar.

"Fokus Operasi Zebra adalah penegakan hukum melalui penindakan tegas terhadap para pengendara pelanggar lalu lintas," kata Kasat Lantas Polres Karawang, AKP Arman Sahti, Jumat (2/11/2018).

Dikatakan Arman, Polres Karawang menggelar Operasi Zebra dengan waktu dan tempat tentative atau secara acak. Perhatian utama, operasi dilakukan di area tertib lalu lintas yang kerap ditemukan pengendara kendaraan bermotor yang seringkali melanggar.

Adapun, kata Arman, tahun ini Operasi Zebra ditekankan kepada tujuh poin utama, yang tujuan utamanya adalah menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Secara rinci, Arman memaparkan, sasaran penegakan hukum secara khusus diterapkan kepada pengemudi yang menggunakan handphone saat berkendara, melawan arus, berboncengan lebih dari satu, pengemudi di bawah umur, pengemudi dan penumpang motor yang tidak menggunakan helm SNI, berkendara dalam keadaan mabuk dan menggunakan narkoba, serta pengemudi yang melebih batas kecepatan.

"Selain itu pun bila kedapatan melakukan pelanggaran lain pasti akan diberikan tindak tilang," ungkapnya. 

Sementara, sepanjang tiga hari pelaksanaan Operasi Zebra, data yang diperoleh dari Satlantas Polres Karawang, petugas sudah menindak 670 pelanggar dan 566 teguran. 

"Kami harap tidak banyak pelanggaran dan penindakan lagi. Dihimbau pengendara kendaraan bermotor untuk tertib selama jalan, sehingga terhindar dari kecelakaan," tutupnya. (tar).

Berita Terkait

Related News