Parah! Baru Selesai Dibangun Satu Minggu, Dam Parit Desa Malangsari Ambrol

KARAWANG-Parah, pekerjaan pembangunan dam parit yang berlokasi di Dusun Munjuljaya RT 01 RW 01, Desa Malangsari, Kecamatan Pedes, baru saja selesai dikerjakan sepekan lalu namun kini kondisinya sudah ambrol.

Diketahui, pembangunan dam parit itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus ( DAK ) Bidang Pertanian tahun anggaran 2018, dengan menelan anggaran sebesar Rp69.325.000, selaku pelaksana kelompok tani (Poktan) Rawa Batok.

Menurut keterangan tokoh masyarakat setempat, HA (45), membenarkan pembangunan dam parit tersebut baru selesai dibangun seminggu lalu yang kini kondisinya sudah ambrol.

"Saya tidak tahu ambrolnya kenapa, namun pada intinya hal ini diakibatkan dari kurangnya pengawasan dari dinas terkait yaitu Dinas Pertanian Kabupaten Karawang," ucap HA kepada Portaljabar.net, Jumat (2/11/2018).

HA menambahkan, kemungkinan besar ambrolnya bangunan dam parit tersebut diduga akibat pengerjaan yang asal jadi dan ingin cepat selesai. Selain itu diduga bahan bangunan yang digunakan tidak sesuai yang tentukan oleh pemerintah sehingga tidak memikirkan kualitas bangunan tersebut.

Sementara Kepala Desa Malangsari, Kamsan, membenarkan juga adanya bangunan dam parit ambrol tersebut. Namun dirinya juga tidak tinggal diam dan sudah menegur pihak pelaksana yaitu Poktan Rawa batok. Menurut ketua poktan kepada dirinya bangunan akan secepatnya diperbaiki.

"Setelah tiga hari kedatangan pengawasan dari Dinas Pertanian melihat ke lokasi, bangunan tersebut ambrol parah. Kami langsung menegur kelompok tani tersebut, karena bangunan baru beberapa hari selesai dikerjakan jadi perawatannya masih kelompok tani," ujarnya.

Ketua kelompok tani Rawa Batok, Saepudin, hingga berita ini naik belum bisa dimintai keterangannya karena dirinya tidak ada ditempat. (wins).

Berita Terkait

Related News