Ratusan Siswa Taekwondo Persada Bertarung Meraih Yang Terbaik

KARAWANG - Ratusan siswa bertarung menjadi yang terbaik pada Liga Taekwondo Persada Karawang 2018 tingkat SD, SMP, dan SMK sederajat, yang digelar di Ball room Technomart, Galuh Mas Karawang, Sabtu (3/11/2018).

Klub Taekwondo binaan Kompol Doni Satria Wicaksono ini menggelar dua kelas pertandingan, Pomsae dan Kyorugi (tarung)

"Ini event kedua di tahun 2018 ini, sebelumnya digelar di gedung KNPI di awal tahun," kata Pelatih utama Persada, Sabem Yayat Ruhiyat, Sabtu (3/11/2018).

Dikatakan Yayat, liga Taekwondo sengaja digelar di Mall dengan tujuan menarik minat masyarakat terhadap olahraga asal negeri Ginseng ini. 

Menurutnya, tujuan utama liga ini merupakan ajang evaluasi pembinaan yang digelar rutin di 26 unit atau Do Jang, yang disebar di jenjang sekolah SD, SMP,SMA/SMK di Karawang.

"Peserta yang terjun sebanyak 107 atlet SMA  sederajat, 92 atlet SMP,  dan 41 atlet SD. Hari ini baru digelar tingkat SD dan sebagian tingkat SMP. SDI AlAzhar sabet juara umum dengan raihan 2 emas dan 3 perak," ungkapnya.

Kendati atlet yang terjun masih dibawah binaan Persada Taekwondo Karawang, Yayan, berencana kedepan liga ini melibatkan Dojang lain.

Namun , dalam pelaksanaanya ia berharap Pemkab Karawang, KONI, Dinas Pendidikan dan stakeholder lain mau bekerjasama selama pelaksanaannya. 

" System liga ini kompetitif, tidak seperti turnamen dimana atlet usai kalah selesai sudah. Tapi sistem liga memungkinkan membuat jam terbang atlet lebih banyak sehingga skill nya lebih berkembang," paparnya. 

Harapan besar lain, Yayan ingin atlet binaannya mampu memberikan kontribusi besar kepada Karawang, dengan menjuarai berbagai event ditingkat Provinsi maupun nasional.

"Porda 2018 kemarin atlet kami lolos qualifikasi, tapi sayang KONI urng mengirimkan cabor Taekwondo ke Porda," sesal Yayat. 

Kendati demikian, Persada Taekwondo Karawang tak menyerah dan terus mencetak atlet handal berprestasi.di tingkat junior maupun senior. 

" Ada atlet kami usia 8 tahun, Adirakha Fardian Pratama, menjuarai Piala Kapolri 2018, Juara Piala ITN Bandung, dan Juara Soreang Open 2018 kelas under 34 kilogram, Kyourugi.  Potensial sekali, dia putera dari mantan Kapolsek Cikampek Kompol Doni Satria," timpal Cindy, Manajer Persada kepada Portaljabar, ditempat yang sama.

Esok, Minggu (4/11/2018) pertandingan dilanjutkan dengan menampilkan  kelas Pomsae SMP dan SMA puteri. (Tar)

Berita Terkait

Related News