Banyak Sekolah Ambruk, Pecat Kadisdik Dadan Sugardan !

KARAWANG- Melihat runtutan masalah yaitu gedung sekolah yang satu persatu ambruk dan banyaknya kasus sekolah ambruk yang belum tertangani dengan baik, maka sudah seharusnya Kepala Dinas Pendidikan Karawang, Dadan Sugardan dipecat Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana.

"Kepala Dinas Pendidikan memang sangat perlu dievaluasi oleh Bupati. Kalau dari hasil evaluasi tidak bagus ya harus dipecat dari jabatannya," ujar pengamat pemerintahan, Raja Rogate Mangunson kepada Portaljabar.net, Kamis, (06/11/2018).

Salah satu blunder fatal Disdikpora dalam menangani sekolah ambruk adalah perkataan dari salah satu anak buah Dadan yang mengatakan bahwa APBD tidak bisa digunakan untuk membangun SDN Kutanagara II yang ambruk belum lama ini karena alasan tanahnya bukan milik Pemda.

"Pejabat Dinas Pendidikan bilang SDN Kutanegara II tidak boleh dibangun pakai APBD karena status tanah yang merupakan milik dari Perhutani adalah alasan yang sangat tidak masul akal," ujarnya.

Seharusnya menurut Raja pemerintah dalam hal ini Disdikpora jangan mudah menyerah hanya karena status tanah milik Perhutani. Masih banyak jalur yang bisa ditempuh. Salah satunya adalah dengan mengirim permohonan izin kepada Perhutani untuk membangun sekolah tersebut, dan bisa juga meminya izin kepada kementerian terkait misalnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Yang terjadi menurut Raja malah terlihat Dadan Sugardan seperti tidak mau keluar keringat yaitu tidak aktif dan memilih diam. Bahkan entah diperintah Dadan atau tidak, salah satu Kepala Bidang di Disdikpora malah saling melempar tanggungjawab ke Dinas yang lain dalam hal ini Bapeda. "Hal yang aneh pembangunan gedung sekolah harus pakai CSR yang hari ini dikelola oleh Bapeda," ujarnya.

Seandainya memang seperti itu menurut Raja, pakai dana CSR membangun gedung sekolah seharusnya Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Bapeda saling bahu membahu bukan melempar tanggung jawab.

"Ini Dinas Pendidikan malah seperti melemparkan masalah kepada Bapeda. Dadan Sugardan juga harusnya peka, dengan masalah ini," tandasnya. (Uya)

Berita Terkait

Related News