Pasar Relokasi Eks Terminal Sudirman Akan Hadir Dengan Wajah Baru

SUKABUMI-Rencananya dalam waktu dua minggu ini, padagang sekitar area pembangunan Pasar Pelita segera di relokasi di area eks Terminal Sudirman. Pemindahan para pedagang tersebut, agar akses jalan menuju lokasi pembangunan Pasar Pelita berjalan lancar.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Industri (Diskopdagrin) Kota Sukabumi, Ayep Supriatna, mengomentari seputar teknis relokasi pedagang Pasar Pelita.

"Mengingat untuk kepentingan orang banyak, relokasi harus segera dilakukan. Jika tidak, akses jalan ke lokasi pembangunan pasar akan terhambat," kata Ayep di ruang kerjanya, Kamis (8/11/2018).

Apalagi, pembangunan pasar sudah lama ditunggu masyarakat. Terlebih pedagang pasar, sudah lama tidak memiliki tempat berdagang yang efektif.

"Besok pagi, saya diundang rapat oleh pak Sekda bersama para instansi terkait dan warga pasar untuk membicarakan waktu pemidahan para pedagang, baik di wilayah stasion barat maupun stasion timur. Mudah-mudahan besok sudah diputuskan waktu relokasinya," tuturnya.

Lebih lanjut kata Ayep, mengenai tempat relokasi, eks Terminal Sudirman dianggap strategis untuk tempat para pedagang. Wali kota Sukabumi, juga sudah memberi izin selama satu tahun hingga pembangunan Pasar Pelita selesai di akhir 2019 nanti.

"Dalam hal ini, Pemkot Sukabumi hanya memfasilitasi relokasi saja. Sedangkan, untuk bangunan kios disiapkan sebanyak 500 kios oleh PT Fortunindo Artha Perkasa selaku Pengembang Pasar Pelita," tambahnya.

Sementara itu, akses angkot menuju Pasar Pelita juga akan dibenahi. Malah setiap Sabtu dan Minggu, Pemkot rencananya akan memberlakukan area care free day di Jl. Sudirman tepat dilokasi relokasi pasar. (riew).

Berita Terkait

Related News