Dinas DPMD Angkat Bicara Soal Perangkat Desa Rengasdengklok Yang Duduki 3 Jabatan

KARAWANG-Perangkat Desa Rengasdengklok selatan, Kecamatan Rengasdengklok, Karawang menduduki 3 jabatan sekaligus tidak dibenarkan pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Karawang, Kamis (8/11/2018).

Sekretaris DPMD, Wawan, mengatakan, jika Perangkat Desa merangkap dua jabatan atau lebih, dipastikan tidak akan fokus dalam melaksanakan tugasnya. Sanksinya sendiri, perangkat desa tersebut harus memilih salah satu jabatan yang didudukinya.

"Perangkat Desa itu tidak boleh menjabat 3 jabatan sekaligus, karena sudah bertentangan dengan aturan yang ada. Maka, yang bersangkutan harus memilih salah satu pekerjaan," ucap wawan.

Menurutnya, apalagi ketiga jabatan yang didudukinya memiliki peran yang sangat vital di Pemerintahan Desa diantaranya bendahara Bumdes, LPM dan Panwas, ini sudah memiliki aturan serta ketentuan masing-masing.

"Dari ketentuan syarat administrasi untuk menjabat sebagai ketua LPM sendiri sudah sangat jelas sekali, bahwa Ketua LPM tidak boleh merangkap jabatan," tegasnya.

Tambahnya, apalagi untuk menjabat sebagai anggota Panwas, kesediaan untuk tidak menduduki jabatan politik, jabatan di pemerintahan dan badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah/badan usaha milik desa selama masa keanggotaan menjadi panwas. (wins).

Berita Terkait

Related News