Presiden Pimpin Upacara Hari Pahlawan 2018 Di Bandung

BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendampingi Presiden RI Joko Widodo pada pelaksanaan Upacara Ziarah Nasional dalam rangka Hari Pahlawan, di Taman Makam Pahlawan Cikutra Kota Bandung, Sabtu (10/11/18).

Presiden Joko Widodo, pagi tadi bertindak sebagai inspektur upacara pada Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2018. Tahun ini, peringatan Hari Pahlawan secara nasional dipusatkan di Kota Bandung, Jawa Barat.

Dalam upacara tersebut, diadakan mengenang peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, dengan membunyikan sirine selama 1 menit. Dilanjutkan dengan acara pokok yaitu tabur bunga, ke sejumlah makam pahlawan nasional dan tokoh Jawa Barat. Antara lain makam Danudirja Setiabudi, Abdul Muis, Moestopo, Nurtanio, Sulaeman, Aang Kunaefi, Mashudi dan Yogi S.M.

Upacara yang berlangsung dengan khidmat tersebut, diakhiri dengan pembacaan doa untuk arwah para pahlawan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Adapun jajaran Menteri Kabinet Kerja yang hadir, di antaranya ialah Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Selepas upacara, Presiden meninggalkan tempat upacara sambil melaksanakan tabur bunga, di pusara beberapa pahlawan seperti Laksamana Muda Udara Nurtanio Pringgoadisurdjo, Komodor Sulaiman, Dr. Setiabudi Danudirdja atau Douwes Dekker, Prof. Dr. Moestopo, dan HR. Moh. Yogie S. Memet.

Sebelum meninggalkan TMPN Cikutra, Presiden juga sempat beramah tamah dan berfoto bersama keluarga para pahlawan yang hadir dalam upacara peringatan Hari Pahlawan ini. (dahen)
 

Tags:

Berita Terkait

Related News