Jika Berhasil, Sentra Keperawatan Cococive Care Bisa Dijadikan Inspirasi Puskesmas Di Jawa Barat

BANDUNG-Dengan diresmikannya Sentra Keparawatan Counseling, Collabotion, Comprehensive (Cococive) Care di UPT Puskesmas Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong, kini Kota Bandung miliki 7 Sentra Keperawatan.

Sebelumnya, Sentra Keperawatan sudah ada di UPT Puskesmas Pasirkaliki, Kopo, Garuda, Griya Antapani, dan Pasundan. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rita Verita, disela peresmian Sentra Keperawatan Cococive Care Kiaracondong kemarin, mengatakan adanya Sentra Keperawatan, tidak hanya memberi fasilitas pada masyarakat untuk berkonsultasi serta memeriksakan diri secara komprehensif terkait kondisi kesehatannya tetapi juga menjadi wahana pendidikan. Bahkan, untuk sebahagian mahasiswa dijadikan tempat praktik penelitian.

"Sentra Keperawatan ini penting, karena ini menjadi wahana kolaborasi pelayanan kesehatan, pendidikan, dan penelitian. Inovasi ini selaras dengan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK)," jelas Rita.

Hadirnya Sentra Keperawatan, juga memperoleh apresiasi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Dodi Suhendar. Ia menyebut, inovasi ini dapat melengkapi akses pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

"Sentra Keperawatan ini memberikan konsultasi kesehatan untuk masyarakat. Pada akhirnya, akan dapat menurunkan jumlah rujukan ke Rumah Sakit," ujar Dodi, Rabu (19/12/2018).

Jika inovasi Sentra Keperawatan di Kota Bandung ini berhasil, Dodi berencana mereplikasi konsep sejenis ke Puskesmas di wilayah Jawa Barat.

"Semoga Sentra Keperawatan Cococive Care Puskesmas Babakan Sari, bisa menjadi inspirasi bagi Puskesmas lain di Kota Bandung dan Jawa Barat," tutup Dodi. (edi).

Tags:

Berita Terkait

Related News