47 Hari Menjelang Pemilu 2019, KPU Purwakarta Mulai Lakukan Sorlip Surat Suara

PURWAKARTA-Pada 47 hari menjelang proses pencoblosan serta pemungutan suara pada Pemilu 2019, KPU Purwakarta kerahkan 300 petugas untuk melakukan sortir dan lipat surat suara (Sorlip Susu) Pemilu 2019 di GOR Purnawarman, Pasar Rebo, Purwakarta. 

Ketua KPU Purwakarta, Ahmad Ikhsan Faturrahman, mengatakan, Sorlip Susu Pemilu 2019 ini dimulai pada 5 Maret 2019 dengan target selesai pada 15 Maret 2019.

"300 petugas tersebut dibagi menjadi 60 kelompok, setiap kelompoknya terdiri dari 5 orang. Diagendakan sortir dan lipat surat suara akan dilakukan selam 10 hari kedepan. Petugas bekerja selama 8 jam setiap harinya. Mudah-mudahan sesuai rencana," kata Ahmad Ikhsan Faturrahman, kepada awak media, Selasa (5/3/2019).

Menurutnya, Sorlip ini melibatkan warga sekitar, semua harus mematuhi SOP Sorlip yang sudah dijelaskan. 

"Kami sudah koordinasi dengan pihak Kepolisian. Petugas Sorlip mereka harus steril, dan petugas Sorlip sebelum dan sesudah melakukan kerjaannya dilakukan penggeledahan," kata Ikhsan.

Selain itu, KPU berharap pada pihak Diskominfo Purwakarta terkait pemasangan CCTV di sejumlah titik tempat Sorlip susu. Hal tersebut untuk memastikan keamanan, karena itu bagian terpenting juga untuk terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Mudah-mudahan, CCTV-nya hari ini sudah bisa digunakan. Karena ada beberapa titik untuk dipasangkan CCTV oleh Diskominfo," tutur Ikhsan.

Hal lain berkaitan dengan keamanan proses Sorlip, selain dari Kepolisian, pihaknya juga menempatkan pengawas dari internal KPU. 

"Dari masing-masing kelompok sorlip ini ada ketua kelompoknya dan ada quality control, tugasnya untuk melakukan pengawasan. Selain dari unsur internal, ada bantuan juga dari Bawaslu, TNI untuk memonitor," tutup Ikhsan. (rhu).

Tags:

Berita Terkait

Related News