Tingkatkan Pengetahuan Asuh Anak, PKH Gelar Pertemuan P2K2

BANJAR-Guna meningkatkan pengetahuan tentang pengasuhan dan perlindungan anak, Pendamping Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Pataruman melakukan pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (P2K2) di RT 012 RW 004 Desa Karyamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Senin (18/3/2019).

Koordinator PKH Kecamatan Pataruman, Asep Deni Cahyadi, menuturkan, salah satu hak peserta PKH adalah mendapatkan pendampingan peningkatan kemampuan keluarga.

"Sebagai pendamping sosial harus berperan aktif dalam pendampingan peningkatan kemampuan keluarga, pendamping harus dapat menjadi agent of change (agen perubahan) bagi seluruh peserta PKH," terang Asep.

Menurut Asep, materi yang diberikan meliputi pengasuhan dan pendidikan anak, ekonomi, kesehatan dan gizi, perlindungan anak, lanjut usia dan disabilitas.

"Materi ini sudah dikemas dengan baik oleh Kementerian Sosial, untuk penyampaian materi dapat dilakukan sesuai dengan kreativitas masing-masing pendamping," ucapnya.

Asep menambahkan, pentingnya melaksanakan  Family Development Session (FDS)/ Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) yaitu merupakan suatu stimulan bagi para peserta PKH dalam perubahan perilaku terhadap kebiasaan sehari-hari, meningkatkan pengetahuan, pemahaman mengenai pendidikan, kesehatan, pengelolaan keuangan keluarga dan meningkatkan kemampuan peserta untuk lebih memahami potensi diri yang dimiliki yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

"Pertemuan P2K2 ini dilaksanakan setiap satu bulan sekali,  pada pertemuan PKH di bulan Maret masih Fokus pada modul pengasuhan dan pendidikan anak dengan materi pembahasan membantu anak sukses di sekolah," tutupnya. (yos).

Tags:

Berita Terkait

Related News