Situs Makam Kuno Jaman Dinasti Qhang Si Ditemukan Di Tengah Kota Cirebon

CIREBON - Komandan Lanal Cirebon Letkol Mar Yustinus Rudiman di dampingi Prajurit Lanal Cirebon dan Tokoh Tionghoa serta tokoh masyarakat Cirebon melakukan acara bersih - bersih di Situs Makam Tan Kwi Hong - Sie Oen Lay makam kuno yang berada di tengah Kota tepat di belakang Kantor Disperindag Kota Cirebon Jalan Karel Satsuit Tubun (KS.Tubun ) Kota Cirebon.

Sebelumnya, penemuan itu terlebih dahulu di pasang papan nama Situs Makam Tan Kwi Hong - Sie Oen Lay , kemudian oleh sejumlah tokoh masyarakat tionghoa dibahas dan melakukan pencarian tentang sejarah kejelasan silsilah asal usul makam tersebut yang diperkirakan ada pada jaman Dinasti Qhang Si (tahun 1162 -1722 M). Sampai saat ini makam tersebut masih dalam naungan Wihara Dewi Welas asih Kota Cirebon.

Letkol Mar Yustinus Rudiman,  Danlanal Cirebon mengatakan, seperti cerita dari berberapa sumber,  bahwa Tan Kwi Hong - Sie Oen Lay diperkirakan hidup di era Laksamana Cheng Ho yang pernah datang di Cirebon selama 7 hari dan banyak pengikut dari Laksamana Cheng Ho yang menetap di Cirebon kemudian menikah dengan  penduduk pribumi. 

"Mudah - mudahan ini bisa menjadi salah satu aset wisata kota cirebon yang unik, dengan adanya situs yang baru dan bersejarah ini bisa mendatangkan wisatawan dari dalam maupun dan luar negeri" kata Danlanal

Untuk solusinya, lanjut Danlanal tiga minggu yang lalu kita sudah melakukan pertemuan, sudah memberikan atensi untuk mendaftar situs - situs di cirebon, dan kedepan akan mendatangkan ahli situs budaya dari Serang.

"Jadi masing - masing yang mempunyai tupoksi dan ahli dalam bidang cagar budaya akan segera di buat untuk mengangkat cagar budaya dan menelusuri jejak sejarah situs ini" jelasnya

Menurut Danlanal, Situs Makam Tan Kwi Hong - Sie Oen Lay adalah salah satu cagar budaya yang berada di Kota Cirebon dapat dijadikan salah satu bagian fakta sejarah dari cirebon yang tidak bisa dipisahkan dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat.

 "Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Lanal Cirebon dalam melestarikan situs bersejarah dan budaya yang ada di cirebon" pungkasnya.(Jhn)

Tags:

Berita Terkait

Related News