Disdikpora Karawang Akui Paket A, B Dan C Bukan Kategori Pendidikan Formal

KARAWANG- Polemik pendidikan Paket A, B dan C atau pendidikan persamaan yang dianggap tidak masuk sebagai persyaratan Calon Kepala Desa (Kades) dalam Pilkades serentak 2020 mendatang sedikit demi sedikit mulai menemukan titik terangnya.

Karena berdasarkan Pasal 41 ayat 3 huruf b point 4 Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2015 Tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 Tentang Desa syarat administratif seorang Calon Kades harus memiliki ijazah pendidikan formal. Pasal tersebut berbunyi syarat administratif Calon Kades adalah memiliki...... "ijazah pendidikan formal dari tingkat  dasar sampai  dengan  ijazah terakhir yang   dilegalisasi oleh pejabat berwenang  atau surat pernyataan  dari pejabat yang berwenang".
 
Disdikpora (Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga) Karawang melalui Kepala Bidang SD, Sopandi mengakui pendidikan Paket A, B dan C atau pendidikan persamaan bukanlah kategori pendidikan formal seperti yang disyaratkan dalam PP Nomor 47 Tahun 2015.

Kabid SD Sopandi (Uya/PJ)

 

"Paket A, B dan C itu pendidikan non formal, tetapi ketika paket itu mengadakan ujian sesuai dengan pendidikan formal, maka ijazahnya disamakan dengan pendidikan formal, bisa kita sebut pendidikan kesetaraan," ucap Sopandi kepada Portaljabar.net, Senin, (25/03/2019)

"Artinya lulus paket A setara lulus SD, lulus paket B setara SLTP dan lulus paket C setara SLTA. Jadi lulusan paket A, B dan C sama dengan sekolah di pendidikan formal SD, SMP dan SMA," ucapnya.

Lanjut Sopandi pendidikan non formal sendiri adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan yang berbentuk kegiatan belajar secara mandiri.

Hasil pendidikan informal diakui sama dengan pendidikan formal dan non formal setelah peserta didik lulus ujian sesuai dengan standar nasional pendidikan. 

Sedangkan pendidikan formal merupakan pendidikan di sekolah yang di peroleh secara teratur, sistematis, bertingkat, dan dengan mengikuti syarat-syarat yang jelas. (Uya)

Tags:

Berita Terkait

Related News