Pendapatan Jasa Ekspedisi Meningkat Signifikan Seiring Berjamurnya Online Shop

CIREBON - Berbelanja secara online kini sudah menjadi trend yang digandrungi oleh sebagian besar masyarakat, Terutama anak muda kususnya kalangan kaum milenial.

Berjamurnya online shop di Cirebon dan sekitarnya tampaknya berdampak pula pada peningkatan volume angkut perusahaan jasa pengiriman barang, salah satunya PT Pos Indonesia.

Manager Penjualan Kantor Pos Cirebon, Poppy Herlisistiani mengatakan, pada tahun 2018 lalu persentase pertumbuhan pendapatan dari jasa ekspedisi mencapai angka 30 persen.

“Kenaikan ini didominasi oleh beberapa online shop di sektor fashion yang menggunakan jasa pengiriman paket barang,” jelasnya di Kantor Pos Besar Cirebon, Jumat (12/4/2019).

Meski sepanjang tahun 2019 terhitung mulai bulan Januari-Maret pertumbuhan pendapatan dari jasa ekspedisi baru mencapai 12 persen. Diprediksi Poppy, menjelang bulan Ramadhan nanti pengiriman jasa paket barang akan meningkat cukup signifikan.

Belum lagi adanya kerjasama dengan instansi dinas, contohnya pengiriman untuk barang bukti tilang. Dalam hal ini pihak kepolisian akan berkoordinasi dengan PT POS sebagai jasa ekspedisi pengiriman surat tilang kepada yang bersangkutan.

"Sinergitas antara BUMN dengan instansi-instansi pemerintahan maupun pelaku UMKM di sekitar Cirebon ini sangat mendongkrak pertumbuhan jasa pengiriman barang," aku dia.

Di tempat berbeda, salah seorang penjual online produk kecantikan, Siti Halimah mengatakan, produk yang dijual secara online lebih menjanjikan ketimbang harus membuka toko yang memerlukan modal besar.

"Lebih efisien kalau menurut saya, kita jualan cukup hanya melalui gadget saja gak perlu repot-repot sewa toko dulu, harganya juga kan lumayan," pungkasnya. (dhk)

Tags:

Berita Terkait

Related News