Dekranasda Sebut 3 Point Hasil Pengrajin Kota Bandung Bisa Mendunia

BANDUNG - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bandung, Siti Muntamah meyebutkan, hasil pengrajin Kota Bandung bisa mendunia asal memiliki karakter budaya.

Menurutnya, jika para pengrajin ini bisa menonjolkan karakter budaya yang dimiliki Jawa Barat, bukan tidak mungkin hasil kerajinannya bisa diburu pelancong yang datang ke kota kembang ini.

"Unik, bernarasi, dan tetap memiliki karakter budaya, ketiga hal tersebut penting agar seni kerajinan tangan dari Kota Bandung bisa dikenal pangsa pasarnya," kata Siti, Jumat (19/4).

Menurutnya, Saat ini pihaknya terus mendorong pengrajin untuk menghidupkan karakter Kota Bandung ke dalam hasil karyanya. Salah satunya ingin dihidupkan melalui ikon kotanya, yaitu bunga patrakomala dan burung cangkurileung. Selama ini, karya-karya kerajinan tangan belum menyentuh dua ikon tersebut.

"Belum ada yang mengarahkan ke sana. Insya Allah itu tugasnya Dekranasda,” imbuhnya.

Disisi lain, ia terus mengembangkan potensi perajin melalui kurasi dan eksibisi. Tidak sekadar mengasah potensi perajin tapi juga bisa membukakan peluang untuk mengakses pasar.

"Kita tingkatkan terus kreativitas perajin, menumbuh-suburkan mereka sesuai dengan visi Dekranasda," jelasnya.

Tak hanya pasar lokal, Dekranasda Kota Bandung juga menyasar pasar internasional dengan mengikuti pameran di luar negeri. Agenda terdekat adalah memberangkatkan lima perajin hasil kurasi Dekranasda ke pameran di Filipina.

"Kita akan berangkat ke Manila Fame untuk mengikuti pameran. Dari 190 produk yang terkurasi, kita sudah membuat klasifikasi. Ada yang kita bawa ke Manila, ada yang ke Inacraft di tingkat nasional, ada yang lokal," pungkasnya.(ivan)

Tags:

Berita Terkait

Related News