3 Petugas KPPS Meninggal, KPU Kabupaten Cirebon Upayakan Santunan

CIREBON-Untuk memberikan apresiasi terhadap para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dunia, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon akan berupaya untuk memberikan santunan.

Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Sopidi, mengatakan, hal tersebut mengingat adanya tiga petugas KPPS di wilayah Kabupaten Cirebon yang meninggal dunia pada saat pelaksanaan Pemilihan Umum atau Pemilu 2019. 

“Kami sudah berkoordinasi dan melayangkan surat melalui KPU Jabar untuk KPU RI, bagaimana mekanisme pemberian santunan terhadap sejumlah petugas yang meninggal dunia di wilayah Kabupaten Cirebon,“ jelasnya, pada Portaljabar.net, Senin (22/4/2019).

Dikatakan Sopidi, jumlah petugas KKPS yang mengalami musibah dalam mengawal terselenggaranya Pemilu 2019 ini, terdapat tujuh orang di mana tiga diantaranya meninggal dunia. Dan empat petugas lainnya, menjalani perawatan medis di sejumlah rumah sakit.

“Sementara ini yang sakit ada empat orang. Semuannya akibat kelelahan usai mengawal jalannya Pemilu yang diselenggarakan pada 17 April kemarin. Akan tetapi secara 
kelembagaan, KPU dalam waktu dekat akan mendatangi rumah duka,“ tuturnya.

Di tanya keseriusan dalam menyikapi hal ini, Ia menuturkan, bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon cukup serius dalam menyikapi sejumlah petugas yang meninggal dunia.

“Kita sikapi secara serius dengan adanya petugas yang meninggal dunia setelah betugas. Kita terus berikan motivasi kepada para petugas, karena ini tugas negara. Dan negara harus bertanggung jawab,“ papar Sopidi.

Sementara itu, Ketua KPU RI, Arief Budiman, menyampaikan, dengan banyaknya petugas KPPS yang meninggal dunia, atas dasar itu pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan untuk membahas santunan.

“Kita sudah membahasnya secara internal terkait santunan untuk para petugas penyelenggara Pemilu yang tertimpa musibah,“ pungkasnya, saat dihubungi melelui telepon selulernya. (abr).

Tags:

Berita Terkait

Related News