Empat Kecamatan Di Kabupaten Karawang Dapat Bantuan Ayam Dari Kementan RI 

KARAWANG-Empat kecamatan di Kabupaten Karawang mendapat bimbingan dan teknis (bimtek) Rumah Tangga Miskin (RTM) program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) dari Kementrian Pertanian (Kementan) RI tahun 2019 bertempat di halaman Desa Karangtanjung, Kecamatan Lemah Abang Wadas.

Diketahui, empat kecamatan tersebut di antaranya Kecamatan Lemahabang, Kecamatan Telagasari, Kecamatan Tirtamulya dan Kecamatan Purwasari. Masyarakat RTM berkerumun dan antre untuk mendapatkan bantuan berupa 50 ekor anak ayam, 1 karung pakan dan perlengkapan lainnya.

Koordinator kegiatan, Ridwan Rahmat, program tersebut merupakan program dari Kementan RI dalam rangka pemberdayaan masyarakat, agar masyarakat dari empat kecamatan ini memiliki peningkatan penghasilan ekonomi dan nutrisi.

"Harapan kita dengan adanya program Kementan ini mengalami peningkatan penghasilan, ekonomi dan nutrisi dari masyarakat RTM yang ada di Kabupaten Karawang, khususnya di empat kecamatan ini," ucap Ridwan kepada Portaljabar.net, Selasa (23/4/2019). 

Menurutnya, mengingat program ini merupakan program Nasional, penerima program Bekerja Kementan ini bukan hanya di Karawang saja, tetapi juga di daerah lainnya seperti Indramayu, Cirebon, Tasikmalaya, Garut, hingga Keluar Jawa seperti Banten, Sumatera, Sulawesi dan daerah lainnya.

"Program nasional bekerjasama dengan kementrian pertanian dengan mendistribusi anak ayam, pakan, lampu, dan perelngkapan lainnya. Kenapa kita pilih ayam, karena tidak harus memiliki ruangan luas dan juga cukup mudah di urus," jelasnya.

Diutarakan seorang penerima manfaat, Ahmad (45). Ia mengatakan, dirinya menilai bantuan jenis ayam ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Terlebih, ayam ini hewan yang cukup mudah diurus oleh semua kalangan masyarakat. Terlebih, bantuan yang ia terima lengkap dengan kandang, lampu dan pakannya. 

"Mudah-mudahan bermanfaat dan terus menjadi usaha berkepanjangan," harapnya.

Kepala Desa Karangtanjung, H Ade Kosasih, mengatakan, bukan hanya masyarakat di desanya, sebagian desa di Kecamatan Lemahabang juga telah menerima bantuan yang sama. Ia berharap masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik sebagai satu usaha untuk meningkatkan ekonomi dan nutrisinya. 

"Inikan diambil telurnya, mudah-mudahan bisa terurus sampai masyarakat merasakan manfaatnya," pungkasnya. (wins).

Tags:

Berita Terkait

Related News