DIY, Peraih Hasil UNBK Tertinggi Tingkat SMK Di Indonesia

PORTALJABAR.NET-Nilai rata-rata Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA/MA/ SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengalami peningkatan. Bahkan, DIY meraih nilai terbaik rata-rata nasional dalam UNBK untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). 

Tahun 2019 ini, Yogyakarta meraih peringkat terbaik untuk hasil UNBK tingkat SMK se-Indonesia dengan nilai rata-rata 55.33. Peringkat dua diraih oleh Kepulauan Riau dengan nilai rata-rata 51,74 dan diikuti DKI Jakarta dengan nilai rata-rata 51.42.

"Penyelenggaraan ujian nasional tahun ini, DIY rata-rata nilainya meningkat baik SMA, MA maupun SMK," ujar Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Kadarmanta Baskara Aji, Rabu (15/5/2019).

Lanjutnya, DIY juga sudah tiga kali berturut-turut meraih peringkat pertama untuk hasil UNBK tingkat SMK tertinggi se-Indonesia. Secara rata-rata nilai, SMK mengalami peningkatan yang cukup signifikan. SMK pada tahun 2018 memiliki nilai rata-rata 219,05. Sementara, di tahun 2019 ini nilai rata-rata 221,31. 

"Peringkat satu sudah tiga kali berturut-turut, sebelumnya (DIY) peringkat ke-3. Kalau (peringkat terbaik.red) untuk SMA, kami belum dapat sampai hari ini. Selama ini yang  diumumkan baru SMK," bebernya.

Aji berharap, peningkatan rata-rata nilai UNBK ini bisa menjadi motivasi bagi siswa kelas X dan XI untuk belajar lebih baik, supaya tahun depan bisa mendapatkan prestasi yang lebih baik lagi.

Diketahui, Disdikpora DIY juga telah melakukan sejumlah upaya guna meningkatkan prestasi rata-rata nilai UNBK. Diantaranya dengan memberikan treatment kepada sekolah-sekolah yang mendapatkan peringkat nilai 20 terjelek di DIY.

"Misalnya untuk SMK mata pelajaran Bahasa Indonesia, kita cari 20 sekolah terjelek nilainya. Maka kita teliti kalau ketemunya gurunya masih belum bisa mengajar dengan baik maka kita treatment gurunya dengan baik," terang Aji.

Apabila sekolah tersebut kekurangan alat, maka Disdikpora DIY akan menambah peralatan yang menunjang.

"Kalau kekurangan guru, kita bisa support guru dari sekolah lain," pungkas Aji. (gadis/*).

Tags:

Berita Terkait

Related News