Jelang Mudik, Polres Cirebon Tes Urine Supir Bus

CIREBON – Mengantisipasi maraknya peredaran narkoba dan kecelakaan selama arus mudik lebaran idul fitri, Dokter Polisi (Dokpol) Polres Cirebon Kabupaten, memeriksa dan tes urine belasan supir bus di PO Bus Sahabat. Yang bertempat di Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon. Selasa (21/05/2019)

Satu persatu pengemudi Bus itu, dilakukan pemeriksaan kesehatan dan cek urine di ruang PO Bus Sahabat. Hal itu dilakukan guna mengetahaui apakah pengemudi bus tersebut mengkonsumsi Narkoba atau tidak.

Paurkes Polres Cirebon Kabupaten Ipda Haji Ilyas. Mengatakan, pengecekan tes urine ini dilakukan guna mengetahui sejauh mana, pengemudi mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung Narkoba.

"Dilarang sama sekali, bagi pengemudi yang mengkonsumsi Narkoba. Karena akan membahayakan dirinya dan penumpang," kata dia.

Mengingat hal itu, pihaknya secara rutin sebelum masuk musim arus mudik lebaran ini melakukan tes urine di sejumlah PO Bus, terminal Bus, dan di terminal bayangan.

"Jika pengemudi terbukti mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung Narkoba. Maka dilarang untuk mengemudi kendraan," ungkapnya.

Selain itu juga, pihaknya melakukan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh pengemudi sebalum membawa kendaraan Bus.

"Bila pengemudi secara kesehatan tensi turun, dianjurkan untuk istirahat dan berobat. Agar tensinya turun dan tidak terjadi suatu hal di perjalanan," imbuhnya lagi.

Ditanya hasil dari tes urine tersebut, ia menyatakan dari empat belas pengemudi yang menjalani tes urine semuanya negatif.

"Tadi hasilnya tidak ada yang positif, artinya pengemudi PO Bus Sahabat ini tidak mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung Narkoba," tandasnya. (abr)

 

 

Tags:

Berita Terkait

Related News