Sedikitnya 1,7 Juta Pemudik Bakal Lintasi Tol Trans Jawa

BANDUNG. Dinas Perhubungan Jawa Barat mengatakan musim mudik lebaran tahun ini diprediksikan ada 14,9 juta pemudik dari Jabodetabek.

Sebanyak 3,7 juta diantaranya akan menuju Jawa Barat melalui jalur tol Trans Jawa Utara, jalur non-tol Pantura dan jalur tengah hingga selatan.

"Pemudik yang melintasi tol Trans Jawa Utara diprediksi mencapai 1,7 juta kemudian lewat non-tol Pantura sekitar 1,2 juta pemudik sedangkan sisanya melintasi jalur tengah dan selatan," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat, Hery Antasari, Kamis (23/5).

Ia menambahkan pemudik paling banyak di Jawa Barat melewati jalur utara.

"Jalur Pantura masih jadi favorit pemudik," ujarnya.

Ia memprediksi, jalur satu arah atau one way yang rencananya akan diberlakukan di jalan tol trans Jawa diprediksi menimbulkan kemacetan pada jalur non-tol.

Dari catatan yang dimiliki DishubJabar di jalur pantai utara dan jalur pantai selatan Jabar, terdapat puluhan titik kemacetan. Sedikitnya ada 50 titik kemacetan di Jawa Barat.

Menurutnya, di jalur Pantai Utara (Pantura) saja terdapat 21 titik pasar tumpah, kemudian di jalur tengah dan selatan ada 20 titik pasat tumpah yang memanjang di kawasan Cianjur, Puncak, Sukabumi, Bandung, Nagreg, Limbangan, Malangbong dan sekitarnya.

"Kemudian ada empat persimpangan yang rawan macet yaitu Simpang Jomin, Simpang Tiga Cikampek, Simpang Tiga Karang Sinom dan Simpang Tiga Jangga," tandasnya. (nie/*)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News