Rampas Mobil Nasabah, Debt Collector Dibekuk Polisi

BANDUNG - Unit Reserse Kriminal Polsek Cipatat mengamankan seorang pelaku pencurian dengan kekerasan (curas), Jasor Sinaga. Pelaku yang merupakan petugas leasing ini merampas mobil korbannya dengan modus korban menunggak pembayaran atau sudah jatuh tempo.

"Pelaku merampas mobil korban atas nama Febry Marindra di sekitaran Jln. Raya Cipatat tepatnya di Kp. Andir, Desa/Kec. Cipatat, Kab. Bandung Barat, pada 24 April 2019 lalu. Tapi korban baru melapor tanggal 12 Mei 2019 atau satu bulan setelah kejadian," kata Kapolsek Cipatat, Kompol Asep Nandang, kepada wartawan, Kamis(23/5).

Menurut Asep, berdasarkan laporan korban, mobil korban diberhentikan di Jalan Raya Cipatat oleh dua mobil. Di dalam dua mobil itu, kata Asep, ada sepuluh orang namun yang melakukan perampasan empat orang.

"Untungnya, mobil korban dipasangi GPS, jadi kami tidak begitu sulit untuk menemukan lokasi mobil korban. Mobil tersebut dibawa oleh para pelaku ke sebuah ruko di di daerah Pasteur, Kota Bandung," kata dia.

Ia menambahkan, korban diketahui telah jatuh tempo pembayaran, sehingga para pelaku melakukan penyitaan paksa. Asep menjelaskan, saat perampasan terjadi korban yang berjumlah dua orang (suami-istri) sempat berusaha melawan dan mempertahankan kunci kontak mobilnya.

Saat itu, jelasnya, sempat terjadi tarik-menarik antara korban dan pelaku.

"Berdasarkan keterangan korban, ketika perampasan terjadi tarik-menarik. Namun akhirnya korban menyerah karena jumlah pelaku lebih banyak. Akhirnya mobil tersebut dibawa para pelaku ke daerah Pasteur," tuturnya.

Selain Jasor Sinaga, kata Asep, pihaknya saat ini masi mengejar tiga pelaku lainnya yang masuh daftar pencarian orang (DPO), yakni Eliver Nababan, Samsul Simamora dan Sitorus.

Akibat perbuatannya, Jasor Sinaga bersama ketiga pelaku lainnya terancam hukuman 12 tahun penjara sesuai dengan Pasal 365 junto Pasal 368 KUHPidana. "Kami mengamankan barang bukti, yaitu mobil korban dengan nomor polisi F 1691 WW," tandasnya. (nie/*)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News