Tabungan Artha Perumahan
Gagal Panen Petani Karawang Merugi Sampai Puluhan Juta Rupiah

JO
2017-11-14 17:25:45
448

Karawang - Kini Delapan desa di Wilayah Kecamatan Jayakerta Kabupaten Karawang Jawa Barat sebanyak  ratusan hektare sawah mengalami gagal panen akibat serangan hama wereng batang coklat. Seperti hal nya yang dialami para petani Desa Makmurjaya Kecamatan Jayakerta,yang diperkirakan luas area pesawahannya 200 hektare, kini 70 persen mengalami gagal panen.

Para petani di desa tersebut kini mengalami kerugian dan semakin menjerit dengan di tambahnya harga gabah yang semakin merosot tajam. Harga padi normal Rp.5.100 per kg saat ini petani menerima harga dari para tengkulak hanya Rp.4.200 per kg.

Dede Hendriana (30) petani Cibenda mengaku, sudah menyemprotkan bermacam–macam obat inspektisida, tapi tidak tidak berhasil untuk membunuh hama wereng tersebut.Hingga bosan dengan bermacam-macam upaya yang dilakukan, serta berbagai cara sudah dilakukan untuk bisa panen. Kini hanya pasrah dan menunggu bantuan dari Pemerintah.

"Saat ini kerugian diperkiran sekitar Rp,15 juta  an perhektare, terinci mulai dari olah tanah, pembibitan dan penyemprotan hama. Untuk penanaman musim mendatang sudah tidak ada modal lagi, diharapkan ada kepedulian untuk memberikan bantuan bibit dan pupuk dari dinas atau instansi terkait.

Kini para petani ibarat sudah jatuh tertimpa tangga juga.  Dengan gagal panen musim ini semakin bertambah hutang petani atas biaya produksi yang telah dikeluarkan pada musim tanam lalu. Seharusnya Dinas Pertanian melalui penyuluh pertanian lebih berperan aktif turun kelapangan dengan kejadian yang menimpa para petani ini, sehingga jangan sampai terkesan tutup mata.(joe)

Top Coffe
loading...