Tabungan Artha Perumahan
Hebattt.. Siswa SMKN 1 Cikampek Ciptakan Robot Humanoid dari Barang Bekas

Siswa SMKn 1 Cikampek

2017-12-06 13:18:42
599

KARAWANG- Sebuah robot Humanoid yang bisa joget dan sembahyang  berhasil diciptakan siswa-siswa SMK Negeri1 Cikampek, Karawang, Jawa Barat. Hebatnya, robot humanoid  ini dibangun dari barang-barang limbah atau bekas.

Butuh waktu hampir dua bulan untuk membuat robot tersebut. Robot humanoid itu bisa bergerak ke mana saja karena menggunakan roda yang bisa dikendalikan dari jarak jauh dengan manual dan otomatis .

Termasuk bisa mengintai situasi di lapangan karena dilengkapi joystik untuk mengendalikan robot. Cukup rumit membuat robot humanoid itu. Beberapa kali mereka gagal. Tapi setelah beberapa kali uji coba, akhirnya robot itu bisa beroperasi sesuai rencana.

"Untuk membuat robot ini kita memanfaatkan barang bekas seperti laptop untuk hadware webcam, litium polimer motor, dan mainan anak," kata Ezi Rihmat , salah seorang pelajar kelas 12 teknik elektronika industri yang tergabung dalam tim pembuat robot  kepada wartawan, Rabu (6/12/2017).

Ezi menyebutkan untuk mengoperasikan robot itu harus dikendalikan dari jarak jauh menggunakan joystik. Robot itu juga dilegkapi alat penjepit yang bisa berfungsi memindahkan barang  ke tempat jauh. 

"Untuk membuatnya kita butuh waktu dua bulan ," tambah Ezi.

Sementara Guru Robotik SMKN 1 Cikampek, Dian Husni, menyebutkan, hasil karya anak didiknya merupakan hal baru karena mereka memanfaatkan bahan bekas yang sudah tak terpakai. Apalagi biaya yang dikeluarkan relatif cukup kecil, hanya Rp 50 ribu . 

"Kalau menggunakan bahan baru, biayanya ditaksir bisa mencapai Rp 100  ribu," terangnya.

Robot itu difungsikan bisa membantu tugas rumah tangga seandainya ada barang yang harus dipindahkan. Pasalnya, robot dilengkapi dengan alat penjepit yang bisa memindahkan barang.

"Ide pembuatan robot ini sebetulnya dari 4 robot manual menjadi satu robot otomatis yang bisa berjoget dan bisa sembahyang, untuk dipamerkan pada pameran tingkat Kabupaten 13 Desember mendatang ," tandasnya. (Nan)

Top Coffe
loading...