Tabungan Artha Perumahan
Tim Robotic SMKN 1 Cikampek Siap Berkompetisi

2017-12-06 21:30:30
424

KARAWANG- Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Cikampek, Karawang, Jawa Barat sudah mendirikan pusat robotika untuk meramaikan dunia robotik di Karawang.

Salah satu guru pendamping bidang programable logic kontrol di SMKN 1 Cikampek Sudarma  mengatakan, "robotik centre" akan menjadi ruang bagi siswa yang senang teknologi, khususnya perakitan robot.

Ia mengatakan berbagai sarana dan prasarana akan disediakan. Selain itu, tenaga pengajar profesional juga akan didatangkan agar bakat siswa bisa lebih terasah dan nantinya bisa berujung pada sebuah prestasi.

"Hal ini bukan sesuatu yang baru bagi sekolah kami, karena jurusan Elektroika industri berbasis otomatis yaitu Control berbasis mikrokontroler dan programable logic kontrol saling berkaitan. Kami kedepannya akan serius, agar siswa yang memang mempunyai minat dan bakat di bidang ini bisa terwadahi," katanya, Rabu (6/12/2017). 

Sudarma yang pernah mendampingi Tim Robotic SMKN 1 Cikampek saat mengikuti kejuaraan Robotic tingkat Purwasuka dan berhasil memboyong juara 1 tingkat Purwasuka pada tahun 2016.Prestasi tingkat Jawa Barat meraih Kuara ke tiga di Bandung.

Ia mengatakan berbagai program untuk memperkaya pengetahuan siswa di bidang robotik siap dilaksanakan, antara lain dengan menggelar pelatihan, seminar dan juga kompetisi robotik.

Sembari berjalan, katanya, pihaknya juga akan mengirimkan dua tim dalam kompetisi tingkat Kabupaten Karawang pertengahan Desember mendatang, Dua tim itu ialah Tim Aries 301 dan Tim Pena 301 yang melaju ke semifinal.Tim Pena terdiri dari Ezi,Panji.Agus dan satu siswi bernama Nina dengan membawa robot hasil cipataan kedua tim bernama Robot Humanoid.

Pihak Sekolah  telah  melakukan kaderisasi sumber daya manusia, pembelajaran berbasis mikrokontroler sudah berlangsung sekitar 10 tahun kebelakang dengan jalan memberi mereka pendidikan tambahan khusus di dunia robotik.

Menurut dia, ketertarikan siswa terhadap teknologi semakin besar. Sebagai salah satu sekolah yang berkomitmen mencetak bibit unggul yang profesional, pihaknya ingin nantinya siswa tidak hanya menjadi konsumen yang hanya mampu membeli berbagai produk berteknologi. Namun, dirinya juga ingin siswa kreatif dan menjadi pencipta teknologi.

"Robotik centre inilah salah satu solusinya, siswa nantinya bisa mengembangkan bakat minat di bidang teknologi dan tugas kami sebagai guru pendamping memastikan siswa belajar pada orang yang tepat," katanya. (nan)

Top Coffe
loading...