Tabungan Artha Perumahan
Tak Punya E-KTP Masih Bisa Ikut Nyoblos Saat Pemilu

Ega
2017-12-07 17:34:43
419

KARAWANG- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Karawang, memastikan bagi masyarakat yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) masih bisa menjadi pemilih dalam Pilgub Jawa Barat 2018. Pasalnya, masyarakat bisa menggunakan suket KTP sebagai pengganti KTP-El.

Kadisdukcapil Karawang, Yudi Yudiawan mengatakan, saat ini keping KTP-El baru mencukupi untuk masyarakat yang melakukan perekaman pada bulan Juni sampai November 2016. Sementara untuk masyarakat yang melakukan perekaman pada bulan Desember 2016 sampai saat ini belum mendapat bagian untuk KTP-El.

“Bagi masyarakat yang belum kebagian KTP-El, tetap bisa memilih dengan menggunakan suket KTP. Kita sudah kordinasi dengan Kemendagri dan KPU jika masyarakat yang belum memiliki KTP bisa menggunakan suket KTP dalam Pilgub Jabar 2018,” katanya di Karawang.

Dikatakan, saat ini yang belum melakukan perekaman KTP-El sekitar 63 ribu orang lagi. Kendati setiap harinya 70 sampai 100 orang warga luar Karawang mengajukan surat pindah. “Ada sekitar 25 ribu orang yang mengajukan pindah ke Karawang, itu yang terdata dari bulan Januari sampai November 2017. Dan kemungkinan masih banyak yang belum mengajukan surat pindah, maka kami berharap buat pendatang agar segera mengajukan surat pindah,” tuturnya.

Dijelaskan, untuk Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) belum diserahkan dari Kemendagri kepada kabupaten. Kemungkinan awal tahun baru diserahkan kepada KPU kabupaten.

Sebab, lanjutnya, Disdukcapil tidak lagi memiliki kewenangan untuk memberikan DP4 kepada KPU, sebab hal tersebut telah menjadi domain Kementerian Dalam Negeri, yang nantinya akan menyerahkan langsung kepada KPU kabupaten.

 "Saat DP4 dikeluarkan Kemendagri, kami siap membantu verifikasi jika ada perubahan data pemilih. Sebab data DP4 sudah menjadi kewenangan Kemendagri yang nanti akan menyerahkan langsung ke KPU," tambahnya. (ega)

Top Coffe
loading...