Lagi, Kantor Imigrasi Melalui Timpora Amankan WNA yang Menyalahi Ijin Tinggal

CIREBON- Nader Dawaman Janjaman (52 ) Warga Negara Asing asal Philipina dengan nomor paspor EB9734414 diamankan oleh Petugas Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon karena melanggar aturan keimigrasian.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon Mohammad Tito Andrianto saat konferensi persnya, pada Rabu sore, (10/01/2018), mengatakan Nader,  yang menggunakan Ijin tinggal jenis Visa Exemption ini masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno Hatta pada tanggal 8 Juni 2014 lalu.

Seharusnya sesuai aturan keimigrasian Nader Keluar 30 hari sejak tanggal masuk, akan tetapi Nader menyalahgunakan izin tinggalnya hingga tinggal lama sampai saat ini di Desa Lohbener Kecamatan Lohbener I Kabupaten Indramayu. 

"Imigrasi mendapat laporan orang asing atau WNA asal Philipina yang menetap hampir 3 setengah tahun di Lohbener dan tim kami melakukan pengecekan lalu langsung mengamankan Nader WNA Philipina tersebut," ujar Tito.

Lebih lanjut Tito menuturkan, setelah dimintai keterangan, Nader mengaku tinggal di Lohbener Indramayu untuk menjaga 4 orang anaknya karena isterinya Patonah pergi ke Oman sebagai TKI.

"Kepada tim kami, Nader membawa bukti surat nikah dengan patonah dimana nikahnya di arab pada tahun 1999 dan masuk ke Indonesia tahun 2014 untuk menjaga anak anaknya di Indramayu," ucap Tito.

Untuk tindakan lebih lanjut tandas Tito, Nader akan dideportasi ke Negara asalnya yakni Philipina setelah seluruh dokumen lengkap. 

Sementara itu usai pemeriksaan Nader di hadapan petugas, mengaku pasrah diamankan petugas Imigrasi Cirebon.

"Ya mau bagaimana lagi mas saya memang salah, ini juga demi menjaga 4 orang anak saya yang tinggal di Indramayu tanpa adanya Isteri yang kerja di Oman, rencananya pas istri pulang bulan agustus 2018 ini saya mau pulang dulu ke Philipina baru ke Indonesia lagi, mohon doanya saja mas, " tutur Nader. (Jhn)

Tags:

Berita Terkait

Related News