Tabungan Artha Perumahan
Terganjal PKPU, Berkas Bapaslon Rustandie-Dikdik Dikembalikan

Ketua Kabupaten Purwakarta, Ramlan Maulana.

Heru
2018-01-11 16:28:13
449

PURWAKARTA-Berkas persyaratan bakal pasangan calon (Bapaslon) Rustandie-Dikdik yang diusung Partai Gerindra dan partai Hanura dikembalikan oleh KPU Kabupaten Purwakarta lantaran terganjal Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota.

Ketua KPU Kabupaten Purwakarta, Ramlan Maulana, menjelaskan, berdasarkan aturan tersebut pihakya tidak menerima berkas bapaslon Rustandie-Dikdik karena mereka berdua diusung oleh salah satu partai yang telah mengusung bapaslon lainnya.

“Prinsipnya KPU Kabupaten Purwakarta tidak bisa menerima pengajuan dua nama bapaslon yang diajukan atau diusung oleh parpol yang sama. Baik parpol itu bergabung dengan parpol lain ataupun tidak,” kata Ramlan kepada Portaljabar.net., Kamis (11/1/2018).

Ramlan membeberkan, seperti yang disebutkan dalam Pasal 56 PKPU Nomor 3 Tahun 2017 bahwa partai politik atau gabungan partai politik tidak dapat memindahkan dukungannya, kepada bapaslon lain yang diajukan oleh partai politik atau gabungan partai politik yang telah dinyatakan memenuhi persyaratan pencalonan dan atau syarat calon.

Disamping itu, sambungnya, berdasalkan hasil komunikasi KPU Kabupaten Purwakarta dengan KPU RI dan KPU Provinsi Jabar, tidak dibenarkan jika satu parpol mendaftarkan dua bapaslon.

"Dan parpol tidak bisa membatalkan SK persetujuan bapaslon yang telah didaftarkan ke KPU. Kami melaksanakan hal tersebut sesuai amanat regulasi," pungkasnya. (Rhu).

 

Top Coffe
loading...