Warga yang tepergok membuang sampah sembarangan

KARAWANG-Aparat Desa Bengle Kecamatan Majalaya, berang setelah menangkap tangan pelaku pembuang sampah sembarangan yang kerap mengotori lingkungan sepanjang Irigasi CKM-Kondangjaya, Kecamatan Majalaya, Jumat (12/1/2018). Tiga  pedagang makanan yang tinggal di Desa Kondangjaya, ditangkap karena diduga menjadi biang kerok kumuhnya areal tersebut.

"Warga saya termasuk saya sering jadi sasaran warga lain dan juga pemerintah karena dianggap tak peduli mengurus sampah," kata Kepala Desa Bengle,Lia Amalia, kepada Portaljabar.net., Jumat (12/1/2018).

Atas dasar itu, kata Lia, warga bersama aparat desa, Babinkamtibmas, Babinsa dibantu warga lain melakukan pengintaian siang dan malam karena ingin mengetahui siapa pelaku pembuang sampah sembarangan. 

"Kami pantau dan intai lama, akhirnya ada 5 orang yang kedapatan membuang sampah di pinggiran irigasi. Tempat itu sering jadi area tumpukan sampah yang dibuang oknum warga luar Bengle yang tidak bertanggung jawab," katanya. 

Ketiga orang itu, kata Lia, ternyata ada oknum pedagang makanan yang biasa berjualan di Pasar Kondangjaya, Kecamatan Karawang Timur. Cara pelaku membuang sampah dilakukan lewat tengah malam disaat situasi jalan sepi.

"Modusnya ada yang buang pakai mobil maupun sepeda motor. Buang sampahnya mengendap-endap di malam hari. Ada yang pura-pura kencing, bolak balik pake mobil pas tau tidak ada orang baru sampahnya dibuang dilempar," ungkapnya.

Kata Lia, sampah yang dibuang pelaku sering membuat lingkungan yang ada di Dusun Citra Kebun Mas, sepanjang jalan tanggul irigasi itu kotor dan bau. 

"Warga kami sudah iuran membayar petugas angkut sampah supaya lingkungan bersih dan nyaman, ini malah dikotori oleh oknum pedagang yang notabene warga pendatang," kesalnya.

Lia membeberkan, sesuai Peraturan Daerah (Perda) K3, sanksi dan denda terkait membuang sampah sembarangan sangat jelas. Pelaku langsung disidang dan dimusyawarahkan di Kantor Desa Bengle yang dihadiri Babinkamtibmas, Babinsa TNI, aparat Desa Bengle dan juga perwakilan Desa Kondangjaya.  

"Kami lakukan tindakan sesuai aturan yang berlaku. Jadi jangan coba-coba kotori lingkungan kami," tutup Lia. (tar).

Related article